Model Manajemen pada Laboratorium Testing Research for Sports Material and Equipment (TRECS) Faculty of Sports Science Chulalongkorn University Thailand Tahun 2017

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Slamet Alamsyah
Soedjatmiko Soedjatmiko

Abstract

Menjadi laboratorium olahraga milik fakultas yang digunakan penelitian nasional dan untuk mengetes atlet-atlet tim nasional menjadi keunggulan dari laboratorium TRECS. Kelengkapan fasilitas serta sistem manajemen yang baik membuat daya tariknya meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan pada laboratorium TRECS.Penelitian ini dilakukan di laboratorium TRECS Faculty of Sports Science Chulalongkorn University Thailand pada tanggal 26 Agustus sampai 10 Oktober 2017 merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Subjek penelitian meliputi staff, assisten staff, pengelola magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang akan dilaksanakan kedepan. Pengorganisasian dilaksanakan oleh pihak fakultas sendiri yang menugaskan dua pengelola untuk bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan. Penggerakan yang dilakukan juga telah sesuai dengan perencanaan yang dibuat, sedangkan pengawasan yang dilakukan oleh fakultas terus dilakukan dengan mengawasi kegiatan dan laporan yang ada sehingga kegiatan berlangsung sesuai dengan tujuan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Achmad Paturusi. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Agus Susanto. “Fitness Center Business Di Kabupaten Wonosobo Tahun 2015”. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation. 01/Th.2016/Oktober-Februari,2016:5.
Annisa. 2007. Manfaat Pengendalian Kualitas dalam Mengurangi Kegagalan Produk Handicraft CD/DVD Box Motorp pada CV. Rumpun Bambu Kreasi Tasikmalaya. Universitas Widyatama. Diakses pada tanggal 24 Januari 2009.
Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2002. Pedoman Pendayagunaan Peralatan Laboratorium. Jakarta: BSNP.
Departemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fajar Agung T. "Analisis Manajemen Sarana Prasarana Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto untuk Peningkatan Prestasi dan Olahraga Masyarakat”.Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Garpersz, V. 2001. Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas CQI ISO 9000:2000 Clause 8: Masurement, Analysis, and Improvement. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Gede Doddy Tisna, 2014. Manajemen Olahraga. Yogyakarta: Graha Ilmu.
George R. Terry. 2003. Prinsip-prinsip Manajemen.Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Harsuki. 2013. Pengantar Manajemen Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Herman H. Dan Ahmad Riady. “Survey Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMP/MTs Swasta Kabupaten Pangkep”. Journal of Physical Education, Sport, and Rcreation. Vol01/02/Maret, 2018: 27-35.
Imamoto, T. et al. 2008. Perivesical abscess caused by migration of a fishbone from the intestional tract. International Journal of Urology Volume 9 (405-409).
Ishikawa, K. 1989. Teknik Penuntun Pengendalian Mutu. PT Mediyatama Sarana Perkasa. Jakarta.
Hasibuan Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moleong, J. Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Nadia carmen. “Aplication of fishbone diagram”. Journal of Management research and practice. volume 2 issue 1, 2010:1-2.
Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. 2014. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Prawirosentono, S. 2002. Filosofi Baru tentang Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21 Studi Kasus dan Analisis Kiat Membangun Bisnis Kompetitif Bernuansa “Market Leader”. Jakarta : Bumi Aksara.
Soedjatmiko. 2017. Manajemen Olahraga Prinsip-prinsip Praktis . Semarang: Fastindo.
Soepartono. 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta : Depdiknas.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia No.3 2005 Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta.
Usman Wahyudi. “Model Manajemen Olahraga dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga”. Jurnal IPTEK Olahraga. 01/Th.2013/Januari-April,2013:78-96.