Penerapan Media Musik Irama Melayu Terhadap Minat Siswa Dalam Materi Senam Ritmik pada Pembelajaran Penjasorkes Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kedungwuni

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Izzul ikhsan
Agus Wiyanto
Utvi Hinda Zhanisa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat siswa kelas VIII dalam pembelajaran senam ritmik dengan menggunakan media musik irama melayu di SMP Negeri 1 Kedungwun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan disain penelitian quasi experimental design. Populasinya adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni, sampelnya berjumlah 59 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas VIII B dan 31 siswa kelas VIII H. Hasil penelitian ini diperoleh untuk kelas kontrol (VIII H) yang tidak diberikan perlakuan yaitu rata-rata hasil pretest (tes awal) sebesar 67,643 (49,87%) dan ratarata hasil posttest sebesar 68 (50,13%) . Dimana dari data pretest ke posttest untuk kelas kontrol terdapat kenaikan yang kecil yaitu 0,26%. Sedangkan untuk kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan media musik iringan melayu, diperoleh data hasil pretest (tes awal) sebesar 68,935 (48,59%) dan data hasil posttest (tes akhir) sebesar 72,935 (51,41%). Sehingga terjadi kenaikan minat siswa dari hasil pretest ke posttest sebesar 2,82%. Simpulan dari penelitian adalah, terdapat peningkatan minat pada siswa kelas eksperimen, peningkatan ini terlihat lebih signifikan dibandingkan dengan peningkatan pada kelas control. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru penjas diharapkan dapat menerapkan berbagai model pembelajaran yang cocok untuk siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Agung dan Lia. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA/SMK Kelas XI. Surakarta: Mediatama
Haryono, S. (2002). “Dangdut dan Eksploitasi Seks Perempuan”. Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. 3 (2) 8-9. (https://journal.unnes.ac.id diakses 20 November 2019)
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Erlangga.
Muhammad, S. (2017). Pengaruh Minat Belajar Penjas Siswa Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas Tinggi Kategori Putra SD Hj. Isriati Moenadi Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Semarang: PJKR Universitas Wahid Hasyim.
Muttaqin Kustap, M. (2008). Seni Musik Klasik Jilid I Untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Nasional.
Rachmad. (2011). Pengertian Dangdut. Bandung: Erlangga
Rutkauskaite, R. (2005). “The interaction of training and sport performance in rhythmic gymnastics during competion periode”. Education Physical Training Sport. 4 (8): 49- 55 (https://journal.unnes.ac.id diakses 21 November 2019)
Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian, Fungsi, dan Mekanisme Penetapan KKM. Jakarta: Raja Grafindo
Sugiman. dkk. (2016). Karakteristik Siswa SMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2013). Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Suryabrata,
Sumadi. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada Takari, M. (2001). “Akulturasi Kebudayaan Musikal Dalam Seni Pertunjukan Dangdut”. Jurnal Masyarakat Etnomusikologi Indonesia. 1 (1) 103. (https://www.etnomusikologiusu.com diakses 20 November 2019)
Usman, Moh. Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: C.V Andi. Offset
Wicaksono, I. (2011). Penggunaan Musik Sebagai Media Pembelajaran di Taman Kanak – Kanak Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Skirpsi. Semarang: Sendratasik UNNES