Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nuriska Subekti
Juhrodin Juhrodin
Agus Mulyadi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai kebugaran jasmani serta motivasi belajar siswa sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan semua potensinya secara optimal, baik potensi fisik serta motivasi belajar pada anak sekolah dasar melalui permainan tradisional pada siswa kelas V SD Islam Al Jamal Jl Pamijahan Kel.Sukarindik Kec.Bungursari kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Islam Al Jamal Jl Pamijahan Kel.Sukarindik Kec.Bungursari kota Tasikmalaya dengan jumlah populasi 268 orang. sampel eksperimen yang diambil untuk penelitian ini adalah kelas V SD Islam Al Jamal Jl Pamijahan Kel.Sukarindik Kec.Bungursari kota Tasikmalaya dengan jumlah 30 orang putra dan putri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kebugaran jasmani serta motivasi belajar siwa yang dianalisis dengan menggunakan program exel 2016. Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t tes, pada variabel tes kebugaran diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,45, nilai tersebut diatas nilai aplha (0,45 > 0,05), artinya permainan tradisional tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kebugaran jasmani. Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t tes, pada variabel motivasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, nilai tersebut dibawah nilai aplha (0,00 < 0,05), artinya permainan tradisional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan Motivasi Belajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anggani Sudono, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo
Anggani Sudono, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Badriah, Dewi Laelatul. 2002. Fisiologi Olahraga, Dalam Perfektif Teoritis dan Praktik. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Budaya Jawa. (2018). “Oray-orayan Permainan Tradisional Jawa Barat”. Dalam https://budayajawa.id/permainan-tradisional-jawa-barat-oray-orayan Oktober 2018.
Cahyono, Nuri. (2016). “Gobag Sodor”. Dalam http://permata-nusantara.blogspot.com/2009/02/gobag-sodor.html Februari 2016.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Giriwijoyo (2007). Ilmu Kesehatan Olahraga. Untuk Kesehatan dan Untuk Prestasi Olahraga. FPOK UPI.
Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: Tambak Kusuma.
Harsono. 2001. Latihan Fisik. Jakarta: Sekretariat KONI
Husdarta dan Yudha M. Saputra. Riduan (Editor) (2010). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Cet 1- Bandung. Dewa Ruci
http://proquest.umi.com/pqdweb?index
Kusmaedi, Nurlan (2010). Permainan Tradisional. Bandung: FPOK UPI Bandung
Lutan dan Cholik (1996/1997) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Depdikbud. Dirjen Dikti. Bagian Proyek Penembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (Primary School Teacher Development Project) IBRD:Loan 3496-IND
Nurhasan dan Abdul Narlan. (2015). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi: Tasikmalaya
Marnes. (2015). “Manfaat Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang anak”. Dalam https://www.marneskliker.com/2015/01/manfaat-permainan-petak-umpet-bagi-tumbuh-kembang-anak.html April 2015.
Rosdiani, Dini. Riduwan (Editor) (2013). Model pembelajran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bandung : Alfabeta
Samsudin. (2014). Media Pembelajaran pendidikan Jasmani. Jakarta ; Prenada Permata Grup.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta.
Sardiman A. M. (2003) . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sardiman A. M. (2006) . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suherman, adang. Rusli Lutan (Editor) (2009). Revitalisasi Pengajran Dalm pendidikan Jasmani, Bandung. CV. Bintang Warli Artika.
Sumitra, DK dan Rohman Gumilar. (2017). Ragam Permainan Tradisional Pemersatu Bangsa. Bandung: PT. Duri Delco.
Sumardja, Dadan. (2015). “Kaulinan Urang Lembur”. Dalam http://alam-santosa.blogspot.com/ April 2015.
Supandi.(2011). Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda .Jakarta : Gramedia Pustaka Umum.
Sutresna, Nina. (2002). Pembelajaran Terpadu Sebagai Media Belajar Motorik Dan Matematik Dasar Pada Siswa SD. Bandung: FPOK UPI.
Tugas Sekolah Ku. (2017). “Permainan Boy-boyan”. Dalam http://pr-sekolahku.blogspot.com/2017/01/permainan-boy-boyan.html# Januari 2017.