Pengaruh Box Step Up Jumps terhadap Tendangan Atlet Sepakbola PPLOP Jawa Tengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dani Slamet Pratama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya tendangan jarak jauh yang dihasilkan para atlet sepakbola PPLOP Jawa Tengah, yang disebabkan karena saat latihan pelatih lebih fokus dalam melatih taktik dan daya tahan tubuh dan sedikit memberikan latihan untuk meningkatkan kemampuan tendangan jarak jauh. Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari  adakah pengaruh latihan box step up jumps terhadap peningkatan kemampuan tendangan jarak jauh pada atlet sepak bola PPLOP Jawa Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah atlet sepak bola PPLOP Jawa Tengah 24 pemain yang terdiri dari berbagai posisi, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah pemain  atlet sepak bola PPLOP Jawa Tengah yang posisinya pemain belakang yang berjumlah 8 pemain, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam tes adalah instrumen tes kemampuan tendangan jauh dengan validitas 0,978 dan relibilitas sebesar 0,989. Hasil penelitian menunjukan perhitungan uji t untuk latihan box step up jumps diperoleh Thitung > Ttabel  yaitu 5,642 > 1,895 maka Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian adalah latihan box step up jumps berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan tendangan jarak jauh atlet sepak bola PPLOP Jawa Tengah.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Kartian, F. A., & Tohidin, D. (2019). Pengaruh Latihan One Leggeg Reactive Jump Over Danbarrier Hops Terhadap Hasil Tendangan Jarak Jauh Pada Tim Sepakbola Kayro Fckabupaten Kerinci. Jurnal Stamina, 2(3), 32–40.
Samsudi. (2009). Desain Penelitian Pendidikan. Universitas Negeri Semarang Press.
Styawan, I. (2019). Pengaruh Latihan Lunges Dan Squad Jump Terhadap Tingkat Kemampuan Tendangan Jarak Jauh Pemain Sepakbola SSB Browidjoyo Yogyakarta. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 8(6), 1–12.
Yanuar, R. A. (2012, October). Pengaruh Latihan Double Leg Cone Hop Terhadap Tendangan Melambung Jauh Pada Sekolah Sepakbola New Salatiga Football Club. 3 Oktober 2012.