Jiwa Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Mahasiswa Olahraga

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Miftah Fariz Prima Putra
Nasruddin Nasruddin
Baharuddin Hasan
Muhammad Syamsul Syarif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab yang dimiliki oleh mahasiswa olahraga di FIK Uncen. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian deskriptif kuantitatif dipilih dengan menggunakan angket sebagai instrumen utama. Terdapat dua angket yang digunakan, yaitu Angket Jiwa Kepemimpinan (AJK) yang terdiri dari 22 item pernyataan dan Angket Tanggung Jawab (ATJ) yang terdiri dan 14 item pernyataan. Sebanyak 78 mahasiswa olahraga (laki-laki = 49, perempuan = 29) yang ada di FIK Uncen berpartisipasi dalam studi ini. Hasil penelitian menemukan (1) sebanyak 56,41% jiwa kepemimpinan mahasiswa olahraga berkategori sedang, 41,03% berada dalam kategori tinggi, dan hanya 2,56% masuk kategori rendah, (2) sebanyak 52,56% tanggung jawab mahasiswa olahraga berada dalam kategori rendah, disusul dengan 37,18% dalam kategori sedang, dan hanya 10,26% yang memiliki kategori tinggi, (3) tidak terdapat perbedaan antara mahasiswa olahraga laki-laki dengan perempuan dalam hal jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab. Simpulan penelitian ini adalah jiwa kepemimpinan mahasiswa olahraga cenderung berkategori cukup tinggi sedangkan tanggung jawab berada dalam kategori rendah

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aisyah, N., Pambudi, Y., & Djuwita, R. (2020). Pengaruh Pelatihan Tanggung Jawab Sosial Pada Mahasiswa Senior Resident Di Asrama X. Cices, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.33050/cices.v6i1.873
Al-Fikri, M. A., & Marzuki, M. (2018). Pengaruh micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 94–103. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22668
Andrianti, S. (2019). Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 135. https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.188
Anismadiyah, V., Sulaiman, S., Effendy, A. A., Purnomo, B., & Prasetyo, H. (2020). Membangun jiwa kepemimpinan enterpreneur muda dalam menghadapi era globalisasi untuk karyawan pt. teknolabindo penta perkasa. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 102. https://doi.org/10.32493/abmas.v1i1.p102-110.y2019
Aprianti, R. (2014). Pelaksanaan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Sebagai Wahana Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di OSIS SMKN 1 Yogyakarta Periode 2012-2013). Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 127–140. https://doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.10675
Arifin, Z. Z., Rahmayanti, R., Rufeidah, A., Rufeidah, A., Benazir, D. M., & Oktarini, R. (2020). Membentuk jiwa kepemimpinan pada staf di yayasan PKBM Amari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 122. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i2.3980
Azka, F. L., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2020). Peran Permainan Tradisional Megoak Goakan Buleleng dalam Pembelajaran untuk Melatih Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik Kelas IV di Sd Negeri Karangsono 03 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, I(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3
Dadi, S., & Setiono, P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Bengkulu 1 Sri Dadi, 2 Panut Setiono. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(I), 136–148. https://doi.org/http://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.11097
Esomar, M. J. ., & Sadubun, V. L. A. (2020). Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berintegritas dan Inovatif Melalui Pelatihan di Kalangan Orang Muda Katolik Ambon. Jurnal Abdidas, 1(3), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.138
Faozi, F. (2018). Responsibility (tanggung jawab). In J. Tangkudung (Ed.), Sport Psychometrics: Dasar-dasar dan instrumen psikometrik. (p. 2018). Rajawali pers.
Farida, S. I., & Anjani, S. R. (2019). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Pamulang. Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 19. https://doi.org/10.32493/inovasi.v6i2.y2019.p19-20
Guntoro, T., & Putra, M.F.P. (2021). Pengembangan dan validasi kuesioner dampak event olahraga pada masyarakat (KDEOPM). Jurnal Sosioteknologi, 20(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2021.20.2.4
Haiya, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan tanggung jawab Mahasiswa Profesi Ners di Stase Komunitas. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 6(1), 9–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.6.1.9-14
Hasanah, E. (2019). Menanamkan jiwa kepemimpinan dalam pembelajaran ekonomi. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 1. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i1.12
Heriansyah, M., & Kurniawan, D. (2017). Bimbingan kelompok dengan teknik self management belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2), 1–5.
Herlina, H., Muhyani, M., & Zahrotunni’mah, Z. (2018). Hubungan Pembinaan Orang Tua dan Pembinaan Siswa dengan Jiwa Kepemimpinan Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Bogor. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 23–32. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4061
Istiningtyas, A., & Safitri, W. (2020). Upaya melatih jiwa kepemimpinan pada anak usia dini melalui big puzzle. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu, 2(3), 124–127.
Latifah, L., & Bariyah, K. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 51–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.21831
Mangolo, E., Guntoro, T., Kurdi, & Putra, M.F.P. (in press). The differences in Papuan elite athletes in the anxiety perspective. Journal Sport Area. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).6569
Marditama, T. (2020). Pengaruh jiwa kepemimpinan terhadap motivasi berwirausaha (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi universitas nurtanio Bandung). Manners: Management and Enterpreneurship Journal, 3(2), 169–183.
Musa, M., Sukur, A., & Fitranto, N. (2019). Korelasi sikap disiplin dan tanggung jawab terhadap indeks prestasi akumulatif mahasiswa fakultas ilmu olahraga peserta kegiatan Outdoor Based Character Building (OBCB). Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 3(2), 164–172. https://doi.org/10.21009/jsce.03218
Musa, M., Sukur, A., & Fitranto, N. (2017). Korelasi sikap disiplin dan tanggungjawab terhadap indeks prestasi akumulatif mahasiswa peserta kegiatan Outdoor Based Character Building (OBCB) tahun 2017. Prosiding Seminar FIK UNJ, 31–34.
Oktavianti, N., Nariah, N., Imbron, I., Safiih, A. R., & Nuraldy, H. L. (2021). Pelatihan Jiwa Kepemimpinan Kepada Komunitas Pencinta Alam Kelurahan Pondok Pucung. Dedikasi Pkm, 2(2), 181. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9761
Putra, M.F.P (2017). Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi, Locus of Control Dan Academic Self-Concept Mahasiswa Fik Uncen. Journal of Sport Science and Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p1-7
Putra, M.F.P. (2020). Bagaimana Motivasi Olahraga Mahasiswa di Papua? Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 51–60. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.24415
Putra, M.F.P., & Ita, S. (2019). Gambaran kapasitas fisik atlet Papua: Kajian menuju PON XX Papua. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 135–145. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.26967
Putra, N.L.J. (2018). Upaya Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik Melalui Kegiatan Paskibra. Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 10(1), 32–50.
Rahmayanti, T.E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan Efikasi Diri Akademik Dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi Uma, 5(2), 43–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v5i2.784
Sarkowi. (2017). Kepemimpinan Kyai Dalam Menumbuhkan Jiwa Kemandirian Santri di Pesantren. Jurnal Qolamuna: Studi Islam, 2(2), 200. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/42
Saudah, S. (2014). Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sebagai sarana menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak. Al-A’raf, XI(1), 53–63. https://doi.org/10.22515/ajpif.v11i1.1198
Sudani, N. K., Suarni, N. K., & Setuti, N. M. (2013). Penerapan konseling eksistensial humanistik teknik pemodelan untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 1(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v1i1.765
Suyidno, S., Nur, M., Yuanita, L., Sunarti, T., & Prahani, B. (2017). Tanggung jawab mahasiswa jurusan PMIPA Universitas Lambung Mangkurat dalam pembelajaran fisika. Vidya Karya, 31(2). https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3990
Widiyatmoko, F. A. (2016). Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Mahasiswa Melalui Pembelajaran Bola Basket. Jendela Olahraga, 1(1), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jo.v1i1%20Juli.1301