Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan tentang Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa FIK UNNES terkait program MBKM dimana hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat partisipasi mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FIK UNNES angkatan 2018 sejumlah 853 mahasiswa dan angkatan 2019 sejumlah 850 mahasiswa. Jadi total populasinya adalah 1703 mahasiswa. Perhitungan sampel menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan jumlah sample adalah 240 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel mahasiswa menggunakan metode simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan media google form. Adapun poin pertanyaannya sesuai dengan variabel penelitian, yakni pertanyaan terkait pengetahuan, sikap, dan persepsi mahasiswa FIK terkait program MBKM. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 20.0. Setelah diperoleh nilai analisis data deskriptif statistik, data tersebut dikategorikan menggunakan rumus kategorisasi. Persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 dan 2019 pada aspek menerima memperoleh persentase sebesar 43,8%, pada aspek mengerti memperoleh persentase sebesar 44,6% dan pada aspek menilai memperoleh persentase sebesar 44,6%. Simpulan hasil program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka tergolong dalam kategori sedang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Azwar, Saifudin (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
B. Walgito, “Pengantar Psikologi Sosial,” Andi Ofset, 2010.
Darmadi, Hamid (2011). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
E. R. Fujitari and A. R. Shaleh, “Uji Validitas Konstruk Alat Ukur Persepsi Hubungan Orangtua-Anak Terhadap Perilaku Seksual Pada Mahasiswa,” J. Pengukuran Psikol. dan Pendidik. Indones., 2018.
Hasan, Iqbal (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara
I. A. Anggraini, W. D. Utami, and S. B. Rahma, “Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, 2020.
Kemendikbud.go.id (2020). Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. www.kemdikbud.go.id
L. Alo, “Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya,” (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2003.
Lubis, Mawardi (2009). Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
M. Surya, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 2
Riduwan (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Robbins, Stephen P (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Index. .
Siregar, Nurhayati dkk (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal of Islamic Education. Hlm. 150- 156
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (ed.); 9th ed.).