Strategi Pembelajaran Melalui Video Interaktif pada Masa Pandemi terhadap Peningkatan Minat Belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nuriska Subekti
Agus Mulyadi
Yuyus Saputra

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran melalui video interaktif pada masa pandemi terhadap peningkatan minat belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya. Target yang dicapai untuk dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan memfasilitasi, mendorong, meningkatkan minat belajar PJOK di masa pandemi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA Nederi 1 Cineam Kab. Tasikmalaya dengan jumlah populasi 184 orang. Sampel dalam peneltian ini adalah siswa siswi kelas X IPA (X IPA-1, X IPA-2, X IPA-3) dengan Jumlah 89 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data tentang minat belajar melalui pemberian angket Skala Likert yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t tes, pada variabel minat belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, nilai tersebut dibawah nilai aplha (0,00 < 0,05), artinya video interaktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar PJOK. Strategi pembelajaran melalui video interaktif menghemat waktu belajar. Selain itu, penggunaan video sebagai media pembelajaran bersifat fleksibel dalam arti siswa dapat menonton video kapan saja, di mana saja. Bahkan dapat memutar video Kembali jika siswa  tidak mengerti

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aji, W. N., & Budiyono, S. (2018). The teaching strategy of Bahasa Indonesia in curriculum 2013. International Journal of Active Learning, 3(2), 58–64.
Amir, M. F. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 34–42.
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.
Apuke, O. D. (2017). Quantitative research methods: A synopsis approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 33(5471), 1–8.
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147.
Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551–558.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181.
Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238.
Lutan, R. (2001). Asas-asas pendidikan jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Muliani, E., & Tindaon, J. (2021). SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAGI GURU DI SD NEGERI 104333 MARUBUN TAHUN 2021. ABDIMAS MANDIRI-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 77–80.
Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133.
Nanda, G. R., & Sari, M. (2021). Relationship of Physical Fitness to Physical Education Learning Outcomes of Class VIII Students of Junior High School Negeri 6 Siak Hulu. 1st International Conference on Sport Sciences, Health and Tourism (ICSSHT 2019), 109–112.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Saragih, M., Hartati, R., Sidabutar, R., & Sembiring, R. W. (2021). Penerapan penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar di Sekolah Yabes School Medan. JURNAL WIDYA, 2(1), 75–82.
Suherman, H. (2020). Problematika dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19. Tsamratul Fikri: Jurnal Studi Islam, 14, 199–212.
Taylor, J. L., Novaco, R. W., Gillmer, B. T., Robertson, A., & Thorne, I. (2005). Individual cognitive‐behavioral anger treatment for people with mild‐borderline intellectual disabilities and histories of aggression: A controlled trial. British Journal of Clinical Psychology, 44(3), 367–382.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran video tutorial interaktif menggunakan aplikasi camtasia studio dan macromedia flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43.