Penentuan Posisi Sepak Bola Ditinjau dari Daya Tahan Kardiorespirasi dan Somatic Profil

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agung Firmandika
Bayu Kusumawardhana
Agus Wiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan kardiorespirasi masing-masing siswa dan jenis somatotipe serta menilai hasil penentuan posisi sebelum tes apakah sudah sesuai kriteria atau tidak, serta sekaligus mengkategorikan setiap siswa ke dalam posisi yang sesuai yang dinilai dari hasil tes dan pengukuran daya tahan kardiorespirasi. dan profil somatik. Alat penelitian yang digunakan adalah MFT (Multy Fitness Test) dan Antropometri.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tes dan pengukuran. Dengan melakukan tes dan pengukuran MFT (Multy Fitness Test) dan Somatotype kepada setiap siswa dan mengisi formulir yang telah disediakan serta mengisi posisi yang diambil sebelum dikategorikan sesuai kriteria.Pembahasan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SSB Mars Margoyoso Kalinyamatan Jepara perlu melakukan evaluasi positioning mengikuti kriteria dan norma pedoman yang telah diberikan oleh peneliti. Diantaranya, evaluasi positioning menghasilkan persentase 21,6% sebagai GK, 24,3% sebagai LB/RB/DMF/LWF/RWF, dan 27% sebagai AMF/CMF/CB, dan 27% sebagai CF. Hasil di atas menunjukkan bahwa 37 posisi tersebut sebagian besar diisi oleh CF dan CMF/AMF/CB dengan persentase masing-masing sebesar 27%. Sehingga hasil tersebut bisa menjadi petunjuk bagi pelatih untuk bisa menemukan pemain yang diposisikan sesuai kebutuhan tim untuk memaksimalkan pertandingan ke depan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Carter, 2002. The heath-carter antrophometric somatotype instruction manual. Sandiego: CA. USA Department of Exercise and Nutritional Sciences.
Djoko Pekik Irianto. (2004). Pedoman Praktis Berolahraga untuk Kebugaran dan Kesehatan. Yogyakarta : Andi Offset.
Nugroho, U. (2015). Pedoman Tes Ukur Olahraga. Surakarta: CV. Sarno Untung.
Orhan, M. Sagir, E. Zorba & N. F. Kishali. 2013. “A Comparison of Somatotypical Values from the Players of Two Football Teams Playing in Turcell Turkish Super League on the Basis of the Players Positions”. Journal of Physical Education and Sport Management Vol. 1/ 2010/ No. 1
Rahmani, M. (2014). Buku Super lengkap Olahraga. Jakarta Timur: Dunia Cerdas.
Sucipto, dkk. (2000). “Sepakbola”. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sudarmo, S. (1992). Daya tahan VO2 Max. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
Syahroni, Muhammad, Galih Dwi Pradipta, and Buyung Kusumawardhana. 2019. “Analisis Pembinaan Prestasi terhadap Manajemen Olahraga Sekolah Sepak Bola (SSB) Se-Kabupaten Pati Tahun 2019”. Jossae (Journal of sport science and education). 85-90.
Winardi, G. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Wiyanto, Agus, NurAziz Rohmansyah, and Utvi Hinda Zhannisa. 2016. “Analisis Perkembangan Olahraga Futsal di Kota Semarang”. Semarang :Jendela Olahraga.