Prespektif Pebelajar Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga Berbasis Blended Learning

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Aliffajaruddin Alfani

Abstract

Blended learning memberikan kesempatan bagi para pebelajar untuk belajar kapan saja dan dimana saja. Prespektif dari pebelajar menjadi tolak ukur kesuksesan pendidik dalam pemilihan model pembelajaran. Oleh karenanya tujuan dari penulisan artikel ini adalah membahas tentang prespektif pebelajar terhadap implementasi pembelajaran pendidikan jasmani berbasis blended learning. Metode yang digunakan ialah tinjauan kepustakaan, yaitu mencari sumber dari buku dan jurnal artikel yang relevan untuk dikaji secara konseptual. Hasil menunjukan bahwa model pembelajaran ini di sambut secara positif oleh para pebelajar karena pengemasan materi yang menarik serta memudahkan dalam proses belajar, selain itu pebelajar merasa senang dan mereka sepakat apabila pendidikan jasmani berbasis blended learning dijadikan alternatif sumber belajar. Akan tetapi, sebelum mengimplemantasikan model pembelajaran ini, yang harus diperhatikan yakni pendidik perlu menyesuaikan dengan kondisi siswa serta keberadaan fasilitas yang tersedia di sekolah

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. 8–12. https://doi.org/10.2991/ACPES-19.2019.2
Anam, M. S. (2020). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi.
Anggita, G. M., Rahayu, T., Ali, M. A., Castyana, B., & Blume, A. (2020). Tingkat pengetahuan dan persepsi guru penjas terhadap metode blended learning. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), 699–712. https://doi.org/10.29407/JS_UNPGRI.V7I1.14815
Anthony, B., Kamaludin, A., Romli, A., Raffei, A. F. M., Nincarean A/L Eh Phon, D., Abdullah, A., Ming, G. L., Shukor, N. A., Nordin, M. S., & Baba, S. (2019). Exploring the role of blended learning for teaching and learning effectiveness in institutions of higher learning: An empirical investigation. Education and Information Technologies, 24(6), 3433–3466. https://doi.org/10.1007/S10639-019-09941-Z
Arta, G. J., Ratminingsih, N. M., & Hery Santosa, M. (2019). The Effectiveness Of Blended Learning Strategy On Students’ Writing Competency Of The Tenth Grade Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 29. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.13501
Baidhori, A. (2017). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 242–250. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/por/article/view/663
Cahyo, A. D., Wiyanto, A., Masri, M., & Santoso, N. (2021). Efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan secara online. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 9(2), 83. https://doi.org/10.32682/bravos.v9i2.1893
Castro, R. (2019). Blended learning in higher education: Trends and capabilities. Education and Information Technologies, 24(4), 2523–2546. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09886-3
Comas-Quinn, A. (2011). Learning to teach online or learning to become an online teacher: an exploration of teachers’ experiences in a blended learning course. ReCALL, 23(3), 218–232. https://doi.org/10.1017/S0958344011000152
Distyasa, M. J. E., Winanti, E. T., Buditjahjanto, I. G. P. A., & Rijanto, T. (2021). The effect of project-based blended learning (PJB2L) learning model on students learning outcomes. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 268. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i4.3959
Dwiyogo, W. D. (2016). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Wineka Media.
Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 3. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5
Gusdiyanto, H., Djoko Dwiyogo, W., & Adi, S. (2020). Pembelajaran Blended Learning Sosio Antropologi Olahraga untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 7–14. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Haryono, B., Herpratiwi, H., & Subekti, F. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Oleh Guru Sekolah Dasar Se-kecamatan Teluk Betung Selatan Pasca Pandemi Covid-19. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(1), 29–38. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/12271
Hendry, F., & Yudho, P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Togok Dalam Pembelajaran Senam Lanjutan. Sporta Saintika, 7(1), 121–131. https://doi.org/10.24036/SPORTA.V7I1.210
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186
Hidayat, A. K. (2020). Implementation of Project-Based Learning in Physical Education During the Social Distancing Pandemic Covid -19. Juara : Jurnal Olahraga, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1003
Jamaluddin, A. A., Dwiyogo, W. D., & Hariyanto, E. (2018). Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1373–1382. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Lestari, P. B., & Hartati Wahyu, A. T. (2020). Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Ilmu Gizi. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 557–562. https://doi.org/10.33503/PROSIDING.V1I01.1117
Marani, I. N. (2021). Pro Kontra Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. In A. Wijayanto, J. Mardizal, muchamad arif al Ardha, & dian armada Pradana (Eds.), Urgensi, Implementasi, Problematika, dan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Pendidikan Jasmani dan Olahraga (1st ed., p. 207). Akademia Pustaka.
Mardikaningsih, A., & Kurniasari, P. (2019). Development of Blended Learning (Syncronous vs. Asyncronous) Physical Education Health and Recreation Models. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.21070/MADROSATUNA.V3I1.1997
Masgumelar, N. K., Dwiyogo, D. W., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Penididikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(7), 979–986. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning Untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/KEJAORA.V6I1.1222
Mutawa, A. M. (2017). Evaluation Of Blended Learning In Higher Education: a Case Study. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(1), 881–889. https://doi.org/10.20319/pijss.2017.s31.881889
Ningrum, P. S. I. W. (2021). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Blended Learning Masa Covid 19 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar & Conference Nasional Keolahragaan, 1(1). http://conference.um.ac.id/index.php/fik1/article/view/2214
Prasetyo, H., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2018). Penerapan Mobile Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/159
Purwaningtyas, Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 121–129. https://doi.org/10.17977/JP.V2I1.8471
Qudah, A. H. Al, Rashid, S. A., Iffah, D., & Ani, N. A. Al. (2018). The Impact Of Blended Learning In Improving Fitness Elements At Sixth Grade Students In Jordan. Journal of Entrepreneurship Education, 21(4).
Rahman, Z., Rijanto, T., Basuki, I., & Sumbawati, M. S. (2020). The Implementation of Blended Learning Model on Motivation and Students’ Learning Achievement. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9). https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i9.2694
Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 456–469.
Tong, Y., Kinshuk, & Wei, X. (2020). Teaching Design and Practice of a Project-Based Blended Learning Model. International Journal of Mobile and Blended Learning, 12(1), 33–50. https://doi.org/10.4018/IJMBL.2020010103
Usman. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626
Victoria, A., Mustafa, P. S., & Ardiyanto, D. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 170–183. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4659619
Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6(1), 94–106. https://doi.org/10.26740/JOSSAE.V6N1.P94-106
Winarno, M., Taufik, Fadhli, R. N., & Yudasmara, S. D. (2018). The Use of Blended Learning Model Integrated with Learning Management System in Volleyball Learning Subject in Faculty of Sports Science State University of. Atlantis-Press.Com, 164. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icli-17/25891058