Survei Tingkat Minat Siswa Kelas VIII dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di UPT SMP Negeri 8 Gresik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Decky Candra Irawan
Raymond Ivano Avandi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui seberapa tinggi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di UPT SMP Negeri 8 Gresik. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII yang berjumlah 351 siswa. sedangkan sampel dalam penelitian ini 78 siswa. Penarikan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi atau batas eror 10% dengan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 7 siswa berminat sangat tinggi, 13 siswa berminat tinggi, 36 siswa berminat sedang, 16 siswa berminat rendah, 6 siswa berminat sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut faktor yang lebih besar pengaruhnya terhadap minat siswa adalah faktor intrinsik. Adapun indikator yang memiliki frekuensi terbaik dari faktor intrinsik adalah indikator perhatian dengan kategori tinggi. Sedangkan indikator yang memiliki frekuensi terbaik dari faktor ekstrinsik adalah indikator keluarga. Namun secara menyeluruh minat siswa berkategori sedang

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Agustiawan, H., & Puspitasari, E. D. (2019). Pembentukan karakter siswa SMP melalui literasi sains. Symposium of Biology Education (Symbion), 2, 273–281. https://doi.org/10.26555/symbion.3548
Daya, W. J., & Saputra, D. I. M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jurnal Muara Olahraga Vol. 2 No. 2 (2020), 53(9), 1689–1699.
Febrianty, A., Fahrial, A., & Usman, W. (2020). Survei Minat Siswa Kelas VIII Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SMP Negeri Se- Kabupaten Sidoarjo. Sport Science Health, 2(1), 39–48.
Hakim, M. R. N., Ismaya, B., & Achmad, I. Z. (2022). Tingkat Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 1 Pagaden Subang. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 10(1), 57–65. https://doi.org/10.35706/judika.v10i1.6712
Hardiyono, B. (2020). Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding Dan Percaya Diri Pada Saat Bertanding Atlet Pelatda Pengprov Fpti Sumatera Selatan. Kinestetik, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10399
Ilyasa, M. R., Sudjana, I. N., & Purnami, S. (2014). Survey Tentang Minat Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 4 Malang. Jurnal Sport Science, 6(2), 127–142.
Kompri. (2017). Belajar; Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media akademi.
Murdiansyah, D. R. T. (2021). Survei Minat Ekstrakurikuler Olahraga Pencak Silat Pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Waru (Smpn 3 Waru). Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(04), 57–64. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/41951
Nurmawati, Resita, C., & Afrinaldi, R. (2020). Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 20 Kabupaten Tangerang. Jurnal Literasi Olahraga, 1(November), 153–161.
Permono, P. S. (2018). Analisis Keterampilan Teknik Bermain Sepakbola Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNNES. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 3(1), 42–45. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jscpe.v3i1.31915
Prasetyo, M. T., & Fatkhurrohman, F. (2022). Survey of student interest in sports extracurricular at senior high school. Journal of Science and Education (JSE), 2(2), 81–87. https://doi.org/10.56003/jse.v2i2.75
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Supriyadi, M. (2019). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bola Voli pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 3(1), 108–115. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i1.871
Utami, P. P., Widiatna, A. D., Herlyna, Ariani, A., Karyati, F., & Nurvrita, A. S. (2021). Does civil servant teachers’ job satisfaction influence their absenteeism?. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3), 854–863. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i3.21625