Revitalisasi Permainan Tujuh Sebagai Permainan Asli Kabupaten Nabire Papua

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Isabela Petege
Fajar Awang Irawan
Markus Iyai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan tujuh yang menjadi salah satu permainan dari Kabupaten Nabire Papua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Model analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik dari Miles Hubermen yang terdiri dari proses pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Responden penelitian ini terdiri dari masyarakat dan penggiat permainan tujuh di desa Wonorejo, Kecamatan Nabire, Kabupaten Nabire, Papua. Setiap responden telah bersedia mengikuti penelitian hingga proses akhir melalui tanda tangan pada lembar inform consent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi yang dilakukan oleh penggiat permainan tujuh dalam konteks ini menghidupkan kembali melalui pelestarian dan pengembangan permainan menggunakan metode sosialisasi, pengembangan alat serta peraturan permainan, dan perlombaan permainan tujuh. Masyarakat antusias dengan rangkaian acara yang diselenggarakan dan memahami dengan baik bagaimana cara melakukan permainan tujuh ini. Diharapkan masyarakat setelah memahami permainan ini dapat mengimplementasikan kepada lingkungan sekitar supaya permainan tujuh dapat terus dilestarikan. Penelitian ini terbatas pada cakupan area yang masih terfokus pada kabupaten Nabire. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melakukan revitalisasi yang diikuti oleh perwakilan dari setiap kabupaten di Papua.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amalia, N. A., Maharani, T., & Rahmad, I. N. (2020). Upaya Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permaianan Tradisional Gobak Sodor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, pp.162-172.
Andriani, T. (2011). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.
Bayu, W. I., Synthiawati, N. N., & Setyawan, R. (2014). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Melalui Olahraga Tradisional. Pertemuan Ilmiah Ilmu Keolahragaan Nasional, No.2, pp.13-24.
Citraningrum, D. M. (2020). Pemanfaatan permainan tradisional pada masa pandemi. Humaniora Dan Era Disrupsi : E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar, 1(1), 487–495. https://jurnal.ac.id/index.php/prosiding/issue/view/1031
Ilham, I., Ali, M., Syaputra, E., & Munar, H. (2018). Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Pencapaian Indikator Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 8(1), 22. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4360
Irawan, F. A., & Hidayah, T. (2022). Biomekanika Olahraga: Gerak Dasar dan Peningkatan Performa (T. A. S. Prastiwi (ed.); 1st ed.). Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Irawan, F. A., Junaidi, S., Permana, D. F. W., Aditya, L., & Prastiwi, T. A. S. (2023). Implementasi Permainan Tradisional Plintengan dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, Vol.4(No.1), pp.40-47.
Laksana, G. B., Pramono, H., & Mukarromah, S. B. (2017). Perspektif Olahraga Petanque Dalam Mendukung Prestasi Olahraga Jawa Tengah. Journal of Physical Education and Sport, 6(1), 36–43.
Mashuri, A. (2018). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Pada Siswa Kelas V SDN Pulo Lor 4 Jombang. Simki-Techsain, Vol.2(No.4), pp.1-7.
Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak SOdor dan Bentengan Sebagai Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran PENJASORKES Berbasis Karakter Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.7(No.1), pp.19-28.
Riyanto, P. (2017). Perbandingan Pengaruh Latihan Egrang Dengan Gobag Sodor Terhadap Keseimbangan Tubuh Pada Siswa Sdn 1 Payungagung Kabupaten Ciamis. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan, Vol.3(No.2), pp.1-13. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/95
Rosmawati, A., & Akrom, A. (2019). Pengembangan Gobag Sodor Dalam Pembelajaran Penjas. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, Vol.11(No.2), pp.155. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2326
Sibuea, A. B. F. (2015). Pemanfaatan Permainan Tradisional Untuk Kegiatan Pembelajaran di TK BUMI WARTA Umbulharjo Yogyakarta. In Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 53, Issue 9). https://www.scoutsecuador.org/site/sites/default/files/%5Bbiblioteca%5D/5.1 Conservacion de alimentos y Recetas sencillas.pdf%0Ahttp://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx
Subagyo, D. P., & Irawan, F. A. (2022). Revitalisasi Permainan Serok Mancung Asli Kabupaten Semarang Revitalizing the original game of Semarang Regency Serok Mancung. Sriwijaya Journal of Sport Volume, Vol.1(No.3), pp.118-129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55379/sjs.v1i3.415
Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Susena, Y. B., Santoso, D. A., & Setyaningsih, P. (2021). Ethnosport Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol.7(No.2), pp.450-462. https://doi.org/DOI : 10.5281/zenodo.5035410
Sutaryono, Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2020). Multicolor Flag game (MFG) as an Alternative Learning Method for Adaptive Students. Malaysian Journal of Movement, Health, 9(1), 187–193. https://doi.org/https://doi.org/10.15282/mohe.v9i1.361
Utomo, G. M., & Harwanto. (2020). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2019 Universitas PGRI ADI BUANA SURABAYA. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, Vol.6(No.1), pp.62-65.
Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA EDUKATIF DI SDN KARANGREJO 02 JEMBER. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.4, pp.24-33.
Yusria, & Musyaddad, K. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Model Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 14–24.