STRATEGI PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR KIDS SECARA KLASIKAL DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND (GRSB) SEMARANG

Main Article Content

Sugeng Apriadi
Syahrul Syah Sinaga

Abstract

Pemain drum profesional yang dikenal masyarakat luas pada umumnya adalah seorang yang sudah dewasa, namun pada saat ini banyak bermunculan drummer dari kalangan anak-anak yang memiliki kemampuan diatas rata-rata dalam bermain drum. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana strategi pembelajaran dan faktor-faktor yang menjadi kendala pembelajaran drum pada junior kids secara klasikal di GRSB Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis strategi dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran drum pada junior kids secara klasikal di GRSB Semarang.                    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan mengenai strategi dan faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran drum pada junior kids di GRSB Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran drum di GRSB Semarang menerapkan dua strategi, yaitu strategi yang dikembangkan oleh lembaga dan strategi yang dikembangkan oleh setiap instruktur. Strategi tersebut meliputi: (1) Pembelajaran klasikal, (2) Materi terstruktur, (3) Standar media dan sarana pembelajaran, dan (4) Evaluasi terstruktur, sedangkan strategi yang dikembangkan instruktur yaitu: (1) mengembangkan metode, dan (2) mengembangkan materi pada sesi hiburan.

 

Abstract

___________________________________________________________________

Professional drum player known to the public at large is an adult, but at this time drummer of many emerging among children who have above average ability in playing the drums. The problems studied are how learning strategies and the factors that constraint the junior kids drum lessons in the classical style in GRSB Semarang. The purpose of this study is to investigate, analyze strategies and factors that become obstacles in learning the drums at the junior kids GRSB classically in Semarang. This research is a descriptive qualitative research that outlines the strategies and factors that inhibit learning on junior drum GRSB kids in Semarang. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation, while checking the validity of the data used is triangulation. Data analysis includes three stages of data reduction, data display and conclusion drawing / learning strategies verifikasi.Hasil showed GRSB drum in Semarang implement two strategies, the strategies developed by the institute and the strategies developed by each instructor. The strategy includes: (1) classical learning, (2) structured materials, (3) media standards and means of learning, and (4) Evaluation of a structured, while the instructor developed strategies are: (1) develop methods, and (2) develop material on the entertainment session.

Article Details

How to Cite
Apriadi, S., & Sinaga, S. (1). STRATEGI PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR KIDS SECARA KLASIKAL DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND (GRSB) SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 1(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v1i1.1799
Section
Articles
Author Biographies

Sugeng Apriadi, Gedung B2 Lantai 2 FBS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Syahrul Syah Sinaga, Gedung B2 Lantai 2 FBS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arimisailal,2009.Teknik Pengumpulan Data.(http://arimisailal.com diperbarui pada tanggal 27 Februari 2009)
Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni, Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darsono dkk, 2000. Belajar dan Pembelajaran Semarang, CV IKIP Semarang Press.
Djamarah, Syaiful Bachri dan Zain. 1996. Metode Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan. 1988. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.
Jamalus. 1981. Musik 4. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
_____. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.
Jamalus. 1988. Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV Titik Terang.
Koentjaraningrat.1996.Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Gramedia
Limantara,Cyprianus.1988.Dasar-dasar Teori Musik.Bandung: Justika
Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Maryanto. 1995. Sejarah Musik. Semarang: IKIP Press
Mayliza Defly Ardina. 2012. “Implementasi Pembelajaran Musik untuk Mengembangkan Mental dan Psikomotorik Penderita Down Syndrom. Harmonia-Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Vol 12 No 1 tahun 2012 halaman 125-131.
Moeslichatoen, R. 2004. Metode pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong, Yan. 2002. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.
Nazir, Moh. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pasaribu, Simanjuntak. 1982. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Pranajaya. 1974. Teknik Bermain Drum.Jakarta: CV Baru.
Rachman, Maman.1999.Strategi dan Langkah-langkah Penelitian.Semarang : IKIP Semarang Press
Rochaeni. 1989. Seni Musik III. Bandung: Ganesa Exact.
Sudarsono. 1991. Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Departemen P&K.
Suharto, M.1990.Pendidikan Seni Musik Buku Guru Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdikbud
Sukohardi.1987. Teori Musik Umum. Yogyakarta: PML.
Sulistyani, 2006. Metode Penelitian Kualitatif.(http://sulistyani.com diperbarui pada tanggal 26 Februari 2009)
Sunaryo. 1989. Strategi Mengajar Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud
Surakhmad. 1984. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.
Sutopo, H.1991.Dasar-dasar Penelitian Kualitatif.Surakarta : Universitas Sebelas Maret
Tarigan, Jago dan Husein, AKHLAN, 1997. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMTP. Jakarta: Depdikbud
Tim Pengembangan MKDK. 1999. Dasar-dasar Pendidikan. IKIP Semarang: Semrang Press.
Wagiman, Joseph. 2004. Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini. Dalam Harmonia, Vol. V Nomor 1. Semarang: Sendratasik FBS UNNES.
Hartono. Pengembangan Model Pembelajaran Seni
Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini” . Harmonia-Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Vol 8 No 1 Tahun 2007.