IMPLEMENTASI KONSEP EKSPRESI DAN KREASI DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP KARANGTURI KOTA SEMARANG

Main Article Content

mochammad usman wafa

Abstract

SMP Karangturi Kota Semarang adalah sekolah swasta unggulan di Semarang. Keunggulan sekolah ini tampak dari jumlah peminat, prestasi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta pengelolaan dan pemanfaatannya. Dengan potensi yang yang dimilikinya, SMP Karangturi mampu menyelenggarakan pembelajaran yang unggul. Termasuk dalam penyelenggaraan mata pelajaran seni musik yang mencakupi standar kompetensi apresiasi, ekspresi dan kreasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep ekspresi dan kreasi dalam pembelajaran seni musik dilaksanakan secara terpadu. Guru tidak memisahkan konsep ekspresi dan kreasi pada pembelajaran seni musik yang dijabarkan dalam materi, proses dan penilaian.
Implementasi konsep ekspresi dan kreasi dalam pembelajaran seni musik di SMP Karangturi Kota Semarang dilakukan dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan dan kegiatan pembelajaran dilakukan secara learning by doing yaitu pembelajaran musik melalui pengalaman musik. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkarya dan berkreasi melalui aktivitas musikal.


 


SMP Karangturi Semarang is a private school featured in Semarang. School of excellence is evident from the number of applicants, achievement, human resources, infrastructure, management and utilization. With the potential that it has, SMP Karangturi able to quickly deliver a superior learning. Including the implementation of the subjects of musical art that includes competence standards appreciation, expression and creation.The study used a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques in this study is documentation, observation and interviews. Examination of the validity of the data in this study is done by means of triangulation The results showed that the implementation of the concept of expression and creativity in learning the art of music performed in an integrated manner. Teachers do not separate the concept of expression and creation of learning the art of music described in the materials, processes and assessment. Implementation of the concept of expression and creation in learning the art of music in junior Karangturi Semarang conducted from the planning stage to implementation and learning activities performed learning by doing is learning music through musical experience. Teachers give students the chance to work and creativity through musical activities.

Article Details

How to Cite
wafa, mochammad. (2016). IMPLEMENTASI KONSEP EKSPRESI DAN KREASI DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP KARANGTURI KOTA SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 5(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v5i1.18400
Section
Articles