MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR APRESIASI MUSIK NUSANTARA MELALUI PENGGUNAAN LAGU MODEL PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 PANGKAH, KABUPATEN TEGAL

Main Article Content

EkaNingtyas Herminingrum

Abstract

 

 

 

Article Details

How to Cite
Herminingrum, E. (2013). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR APRESIASI MUSIK NUSANTARA MELALUI PENGGUNAAN LAGU MODEL PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 PANGKAH, KABUPATEN TEGAL. Jurnal Seni Musik, 2(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v2i1.2364
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anni, Catharina Tri. dkk. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jamalus. 1981. MusikIV. Jakarta: Depdikbud.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Nurbaya, Ernung. 2010. Pembelajaran Apresiasi, Ekspresi, dan Kreasi Musik Nusantara di SMP Negeri 4 Pati. Semarang: Skripsi Unnes.
Setyaningrum. 1996. Efektivitas Penggunaan Lagu Model dalam Pengajaran Teori Seni Musik di Kelas 1 SMP Negeri Kedungpoh Nglipar Gunung Kidul. Yogyakarta: Skripsi UNY.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumaryanto, Florentinus Totok. 2005. Efektivitas Penggunaan Solfegio Untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar. Online at http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/723 [diunduh 04/01/13].
Uno, Hamzah B dan Satria Koni. 2012.
Assessment Pem-belajaran. Jakarta: Bumi Aksara.