UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MEMBACA NOTASI MUSIK BALOK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN SIBELIUS PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 4 UNGARAN

Main Article Content

Trias Radika Herdinasari

Abstract

Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah apakah dengan diterapkannya media pembelajaran sibelius dapat meningkatkan minat dan hasil belajar membaca notasi musik siswa kelas VII G SMP Negeri 4Ungaran. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi ke dalam dua siklus.Masing-masing siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulandata   dilakukan dengan   observasi,   wawancara,   dokumentasi,  angket   dan   teknik   penilaian   unjuk   kerja.Berdasarkan hasil pengambilan angket, wawancara, dan observasi pada  prasiklus hanya 2 siswa atau ± 6%dengan kategori minat tinggi, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa atau ±62%pada kategori minat tinggi, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 23 siswa atau ±72% pada kategori minattinggi. Kemudian untuk peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan penilaian unjuk kerja pada prasiklusnilai rata – rata kelas mencapai 50,3 pada kategori kurang, dan setelah dilakukan tindakan nilai rata – rata kelaspada siklus I meningkat menjadi 70,6 pada kategori baik namun belum tuntas  sesuai dengan KKM, kemudianpada siklus II meningkat menjadi 79 pada kategori baik dan telah tuntas sesuai dengan KKM. Berdasarkan hasiltersebut, disarankan agar penggunaan media pembelajaran sibelius ini dapat  diterapkan dalam pembelajaranmembaca notasi musik balok.

Article Details

How to Cite
Herdinasari, T. (2013). UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MEMBACA NOTASI MUSIK BALOK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN SIBELIUS PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 4 UNGARAN. Jurnal Seni Musik, 2(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v2i1.2396
Section
Articles

References

Arly, Chandris. 2007. Menulis Notasi dan Memainkan Musik dengan Sibelius 3. Yogyakarta:CV Andi Offset.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Gie, The Liang. 1985. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharto, S. (2013). PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN SENI MUSIK DI SEKOLAH KEJURUAN NON SENI. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 12(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v12i1.2221

Kuntomo, -., & Suharto, -. (2011). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA MELALUI TUGAS MANDIRI PADA MATERI ENSAMBEL MUSIK. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 9(2). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v9i2.642

Suharto, S. (2000). Action Research to Solve Music Teaching Problems in the Schools. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v1i1.835

Sukmawardana, Galih Pratama. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Sibelius 5 untuk Meningkatkan Minat Membaca Notasi Musik Siswa Kelas 8 A SMP Negeri Bawen. Skripsi. Semarang:Sendratasik FBS UNNES

Uno, Hamzah B dan Satria Koni. 2012. Assessment Pem-belajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wadiyo. 2009. Pendidikan Seni. Bahan kuliah tidak dipublikasikan.
Winkel, WS. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.