STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLA PADA ANAK DI BEETHOVEN MUSIK COURSE
Main Article Content
Abstract
Beethoven Music Course adalah satu-satunya tempat kursus yang terletak di Kabupaten Temanggung dan berdiri sejak tahun 2002. Salah satu alat musik yang banyak diminati adalah biola. Dalam pembelajaran biola, Beethoven Music Course mampu menghasilkan peserta didik yang masih duduk di Sekolah Dasar bersaing di tingkat provinsi hingga Internasional. Selain dukungan dari orangtua dan kemampuan peserta didik, hal ini dapat terjadi karena Strategi pembelajaran yang diterapkan berhasil sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripisikan strategi pembelajaran biola pada anak di Beethoven Music Course Kabupaten Temanggung. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan strategi pembelajaran biola pada anak di Beethoven Music Course Kabupaten Temanggung. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan derajad kepercayaan dan triangulasi. Komponen-komponen pembelajaran biola yang diteliti adalah kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar. Kegiatan pembelajaran menggunakan 4 metode yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill, dan metode pemberian tugas. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembelajaran biola pada anak di Beethoven Music Course Kabupaten Temanggung menggunakan strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran mandiri.