INOVASI PEMBELAJARAN BERNYANYI UNISONO DENGAN METODE SOLATMINGKOM DI SMP NASIMA SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran bernyanyi unisono di SMP Nasima telah menerapkan inovasi metode pembelajaran solatmingkom sejak tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan inovasi metode pembelajaran solatmingkom dalam pembelajaran bernyanyi unisono di SMP Nasima Semarang. Penelitian ini menggunakkan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Nasima Semarang. Sasaran kajian dalam penelitian inovasi pembelajaran bernyanyi unisono dengan metode solatmingkom di SMP Nasima Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif  meliputi mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan inovasi dalam pembelajaran bernyanyi unisono dengan menggunakkan metode solatmingkom. Metode solatmingkom yaitu gabungan treatmen solfegio, latihan alam, haming, dan kompetisi. Solfegio merupakan treatmen dalam melatih vokal siswa, yaitu dengan membaca notasi dan juga melatih ear training. Latihan alam yaitu treatmen untuk melatih power siswa supaya intensitas suara siswa menjadi maksimal dengan cara berteriak-teriak di luar kelas. Kemudian treatmen haming digunakkan untuk melatih siswa untuk bernyanyi nada-nada tinggi dengan cara bernyanyi dengan mulut tertutup tetapi rongga mulut terbuka. Kompetisi sebagai treatmen terakhir digunakkan untuk melatih siswa dalam berlomba-lomba menampilkan penampilan yang terbaik