METODE PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 39 SEMARANG

Main Article Content

Ananda Hannu Artha

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Motivasi dan hasil belajar musik ansambel di SMP Negeri 39 Semarang masih terdapat permasalahan yang disebabkan banyaknya siswa belum mencapai nilai Standar Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu nilai 75, sehingga masih tergolong rendah. Guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar ansambel musik siswa, maka dilakukan penelitian dengan penerapaan metode PAKEM. Penelitian mengkaji seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam memainkan ansambel.

Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah semua siswa kelas VII D SMP Negeri 39 Semarang sebanyak 32 siswa. Fokus penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukaan melalui dua siklus. Data yang diperoleh berupa prosentase motivasi belajar siswa berdasarkan angket dan hasil belajar ansambel musik melalui penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan hasil angket rata-rata motivasi pada siklus 1 dan 2 yang meningkat dari 77,31% menjadi 82,37% Selain motivasi belajar, hasil belajar ansambel musik siswa juga mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata pada prasiklus sebesar 70,5, dan penilaian unjuk kerja pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 76,09, serta pada siklus 2 yang meningkat menjadi 84,5. Secara singkat dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode PAKEM mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar ansambel musik.

Abstract

___________________________________________________________________

Motivation and learning outcomes ensemble music in SMP 39 Semarang there are problems due to the many students who have not reached the Complete Standard Minimum value (KKM) which determined that the value of 75, so it is still relatively low. In order to increase motivation and learning outcomes of students of music ensembles, then conducted research with application AJEL. The study examines how large increase student motivation and learning outcomes in the ensemble play.

Research conducted a Classroom Action Research (CAR) .Subjek studied were all seventh D grade students of SMP Negeri 39 Semarang by 32 students. The focus of this research is to improve students' motivation and learning outcomes. This study dilakukaan through two cycles. Data obtained in the form of a percentage of students' motivation and learning outcomes questionnaire based ensemble music through performance assessment. Data were analyzed quantitatively and qualitatively.

The results showed an average poll result motivation in cycle 1 and 2 increased from 77.31% to 82.37% addition to learning motivation, learning outcomes ensemble music students also increased. It can be seen from the average achieved in the pre-cycle was 70.5, and the assessment of performance in cycle 1 increased to 76.09, and in cycle 2 were increased to 84,5.Secara short it can be concluded that the application of AJEL able to increase motivation and learning outcomes ensemble music.

 

Article Details

How to Cite
Artha, A. (1). METODE PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 39 SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 3(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v3i1.3968
Section
Articles

References

Isjoni. Moh Arif, Ismail, dan Roslaili Mahmud. 2008. ICT untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. Ridwan dan Posmaria S. Sitohang. 2008. Pemanfaatan Blog untuk Bisnios, Hobby, dan Pendidikan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. The John Hopkins University: Printed in the USA.

Suharto, S. 2011. Pengembangan Materi dan Kegiatan Pembelajarannya dalam Kurikulum Tingkat SAtuan Pendidikan Bidang Studi Seni Musik. Harmonia: Journal of Arts Research and Education. [Online] 8:3

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur dan Aceng Ruhendi Saifullah. 1990. Membaca ddalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.