METODE PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR GROOVE CLASS LEVEL READING DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND SEMARANG

Main Article Content

Praditia Indra Setiawan

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Pada pembelajaran drum di Gilang Ramadhan Studio Band Semarang, terdapat kelas yang bernama Junior Groove Class level Reading. Kelas tersebut terdiri atas anak usia dini yang telah melewati level-level sebelumnya, yaitu Junior Kids, Junior Groove Class 1, Junior Groove Class 2, Junior Groove Class 3. Setelah melewati keempat level tersebut, siswa memasuki Junior Groove Class level Reading. Pada Junior Groove Class level Reading inilah yang mendasari penulis dalam melakukan penelitian. Penulis  ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai metode pembelajaran drum di Gilang Ramadhan Studio Band Semarang yang difokuskan kepada siswa Junior Groove Class level Reading. Permasalahan yang dikaji : 1) Bagaimana metode pembelajaran drum pada Junior Groove Level Reading di Gilang Ramadhan Studio Band Semarang?; 2) faktor-faktor apakah yang menjadi kendala dalam pembelajaran drum pada Junior Groove Level Reading di Gilang Ramadhan Studio Band Semarang. Metode Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pembelajaran drum pada Junior Groove Class Level Reading di Gilang Ramadhan Studio Band Semarang yaitu 1) metode ceramah; 2) metode demonstrasi; 3) metode latihan; 4) metode tanya jawab; dan 5) metode resitasi.

Abstract

___________________________________________________________________

The research problems are include (1)  How is the cooperative model type talking stick which is helped multimedia quiz creator to improve the senior high school students’ folklore attentive skill. (2) how is the principles of cooperative model type talking stick development which is helped by multimedia quiz creator to improve the  senior high school students’ folklore attentive skill. This research uses research and development design (R&D), this research developes model which  have been exist that is cooperative model type talking stick into cooperative model type talking stick which is helped by multimedia quiz creator. The results of the researches are : (1) the teacher and students’ need toward to cooperative model type talking stick which is helped by multimedia quiz creator. (2) cooperative model type talking stick priciples are (a) innovative learning strategy, (b) innovative learning media, (c) assessment.

Article Details

How to Cite
Setiawan, P. (1). METODE PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR GROOVE CLASS LEVEL READING DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 3(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v3i1.4051
Section
Articles

References

Hasibuan, J. J., Ibrahim, dan Toenlioe, AJE. 1988. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Jamalus. 1981. Musik 4. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jamalus. 1988. Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV Titik Terang.

_____.1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pasaribu, I. L., B. Simanjuntak. 1982. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Sunaryo. 1989. Strategi Mengajar Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud.

Surakhmad. 1984. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Surakhmad, Winarno. 1980. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

http://www.bersatu.com/gilangramadhan/rangsangiqanakdengandrumfiles/head.html