PEMBELAJARAN DRUM BAND DI RA BANAT KABUPATEN KUDUS

Main Article Content

Bagus Suci Mardanie

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan proses serta faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran dum band di RA Banat kabupaten Kudus. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi bagi pembaca dan penelitian berikutnya, khususnya tentang pembelajaran drum band pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan data dilakukan dengan metode keabsahan data triangulasi dengan sumber. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran drum band di RA Banat kabupaten Kudus menggunakan metode demonstrasi dan belajar sambil bermain. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan adalah menjaga kekompakan antara pelatih dengan guru pendamping dan melakukan perawatan alat-alat yang sudah ada. Jika akan menambah peralatan sekolah hendaknya berdiskusi dengan pelatih.

 

Abstract

___________________________________________________________________

This study used a qualitative descriptive approach. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Examination of the validity of the data was conducted using the triangulation of data sources. Data analysis was performed using an interactive data analysis, which is divided into three stages, including data reduction, data presentation, and draw conclusions. The results showed that the learning drum band in RA Banat Kudus regency using the method of demonstration and learn while playing. Based on this research, the authors provide suggestions that can maintain the cohesiveness between the coach is the teacher assistant and perform maintenance tools that already exist. If the school will add equipment should be discussed with the coach. .

Article Details

How to Cite
Mardanie, B. (1). PEMBELAJARAN DRUM BAND DI RA BANAT KABUPATEN KUDUS. Jurnal Seni Musik, 3(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v3i1.4054
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES.
Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda
Karya.

Natawidjaja, Rochman. 1978. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Percetakan Negara RI Jakarta.


Purwanto, Ngalim. 1985. Prinsipprinsip Dan teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya CV Bandung.

Sumaryanto, Totok. 2010. Konsep Pendidikan Seni (Buku Ajar). 2010. Jurusan Sendratasik, FBS, UNNES.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel. W. S. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.
Zaid, Muhidin. 2008. Kumpulan
Teori Drum Band.

Yogyakarta: Pelatihan Nasional Pelatih Drum Band Kepanduan Hizbul Watan.