ANALISIS KESULITAN BELAJAR DRUM BAND TK PERTIWI 31 KELURAHAN PLALANGAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Berdasarkan penelitian, kesulitan pembelajaran drum band meliputi kesulitan bermain alat musik ritmis, melodis, dan baris-berbaris. Kesulitan alat musik ritmis meliputi siswa sulit menghafal pola ritmis dengan cepat, sulit memainkan pukulan bernilai seperdelapanan dengan tempo cepat, dan suasana hati siswa yang mudah berubah. Pada alat musik melodis kesulitan siswa adalah rumitnya memainkan pukulan dengan dua tangan secara bersamaan dan posisinya berpindah-pindah, serta harus menghafal lagu yang dimainkan. Selanjutnya pada tahapan baris-berbaris adalah konsentrasi dan stamina siswa, yaitu siswa harus membagi konsentrasi anatara bermain alat musik dan baris-berbaris secara bersamaan. Strategi pembelajaran drum band yang diterapkan pelatih yaitu pengelolaan kelas, serta metode dan proses pembelajaran drum band. Pada pengelolaan kelas pelatih selalu melakukan pembelajaran dengan mengikuti pola pikir siswa, dan pelatih melakukan reward and punishment yang berupa ucapan penyemangat dan teguran halus. Tahap metode dan proses pembelajaran pelatih menggunakan metode demonstrasi dan drill pada pembelajaran drum band di TK. Pelatih melakukan beberapa isyarat untuk mempermudah siswa dalam mengingat seperti ka(kanan), ki(kiri), dan hitungan tu, wa, ga, pat, ma. Berdasarkan hasil penelitian, pelatih hanya mengajarkan pembelajaran alat musik ritmis dan baris-berbaris, sedangkan alat musik melodis dimainkan oleh pelatih (pramandiri).
Â
Abstract
___________________________________________________________________
The research method applied is descriptive qualitative. Location of the research conducted in the Village District of Gunungpati Plalangan Semarang. Based on research, learning difficulties include difficulty drum band playing musical instruments rhythmic, melodic, and marching. Difficulties include rhythmic instrument difficult students memorize rhythmic patterns quickly, play hard blow with a fast tempo seperdelapanan valuable, and easy student mood changed. In the tuned instrument student difficulties is the complexity of the play punch with two hands simultaneously and move its position, as well as the need to memorize the song being played. Next on stage was marching concentration and stamina of students, the student must divide the concentration group should play a musical instrument and marching together. Learning strategies applied band drum coach is classroom management, as well as methods and processes of learning drum band. On classroom management coach always perform learning by following the mindset of students, and coaches do reward and punishment in the form of encouragement and reprimands smooth speech. Stage coaches learning methods and processes using the method of demonstration and drill in learning drums band in kindergarten. Coach did some cues to facilitate students in considering such ka (right), ki (left), and count tu, wa, ga, pat, ma. Based on the results of the study, only coaches are teaching musical instruments and rhythmic marching, while the tuned instrument played by the coach (pramandiri).
Article Details
References
Ambarwangi, S., & Suharto, S. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN SENI TRADISI. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 13(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2535
Alwi, Hasan., Rumpak, Julius, C., Susanto, Marcus., Koen Wili., Sumarsono,. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan III. Jakarta : Balai Pustaka.
Ari Sultan. 2010. Melatih Drum Band TK dan SD. Diakses pada hari Selasa, 13 Mei 2014 pukul 19.30.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Diversalia, Oktyanto. 2010. Pembelajaran Musik Drum Band Dengan Menggunakan Metode Pola Berhitung. Semarang: Unnes.
Djamarah, S.B dan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Gagne, Robert M dan Briggs, Leslie J. 1979. Principles of Instructional Design. (Edisi Kedua). USA : Holt, Rinehart and Winston, INC.
Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta. CV Rajawali.
Moedjiono dan Moh. Dimyati. 1992/ 1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: DEPDIKBUD.
Moleong, J. Lexy. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan Bkat dan Kreatifitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Para Orang Tua dan Guru. Jakarta: Gramedia.
Ortiz, Jhon, M. 2002. Nurturing Your Child With Music. Jakarta: Pak Tua Gramedia Pustaka Utama.
Prayetno, Mulyo. 2012. Landasan Filosofis Pendidikan Anak Usia Dini. Diakses pada hari Senin, 12 Mei 2014 pukul 21.30.
Rachmawati, Yeni., Kurniati, Esti. 2010. Strategi Pengembangan Kreatifitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Cetakan I. Jakarta : Kencana.
Sadiman, Arief. 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.
Schellenberg, E. 2003. Does Exposure to Music Have Beneficial Side Effect? Dalam I. Peretz (Ed), Cognitive Neurosciene of Music (Hal 430-448). London : Oxford University Press.
Seefeldt, Carol dan Wasik, Barbara A. 2008. Early Education: Three-, Four-, and Five-Year-Olds Go To School. Cetakan I. Jakarta : Indeks.
Sinaga, Syahrul Syah. 2000. Bahan Ajar (Hand Out) Marching Band, Drum Band, Drum Corp. Media FBS Universitas Negeri Semarang.
------- 1993. “Beberapa Metode Pengajaran Drum Band, Marching Band , Drum Corp, Di Sekolah Taman Kanak-kanakâ€. Media FPBS IKIP Semarang. Semarang: IKIP Semarang.
Siti Aisyah dkk. (2007) Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suharto, S. (2011). PENGEMBANGAN MATERI DAN KEGIATAN PEMBELAJARANNYA DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BIDANG SENI MUSIK. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 8(3). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v8i3.780
Suharto, S. (2013). PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN SENI MUSIK DI SEKOLAH KEJURUAN NON SENI. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 12(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v12i1.2221
Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES
Suharto, S. (2011). ACTION RESEARCH TO SOLVE MUSIC TEACHING PROBLEMS IN THE SCHOOL. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v1i1.835
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sumaryanto, F Totok. 2001. Diktat Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif. Semarang: IKIP Press.
Sumaryanto, F. Totok. 2000. Kemampuan Musikal (Musical Ability) dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Musik. Harmonia: Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Vol I No I. Mei-Agustus 2000 halaman 32-38. Semarang: Jurusan Sendratasik/FBS/UNNES.
Sunaryo. 1989. Strategi Mengajar dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud.
Soetopo, H. Budi Sutarjo. 1982. Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Tim MKDK IKIP Semarang. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Utomo, U dan Sinaga, Syahrul. S. 1993. Drum Band, Marching Band, Drum Corps Di Indonesia. Media FPBS (Vol. 4 Th. 1993) IKIP Semarang.
Utuh, Harun, 1987. Proses Belajar Mengajar, Surabaya, Usaha Nasional.
Sari, Yuanita Puspita. 2012. Pembelajaran Marching Band di MAN 2 Banjarnegara. Semarang: Unnes.
Walgito, Bimo, 1997. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta : Psikologi UGM.
Winataputra, dan Rosita, 1995. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Depdikbud.
Winkel. W. S. 1992. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Gramedia.