Abstract

Abstrak


                Pembelajaran seni tari di sekolah termasuk dalam pelajaran muatan lokal. Pembelajaran seni tari mengajarkan tentang interaksi sosial antar guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara perorangan dengan perorang, perorangan dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial dapat terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Interaksi sosial yang terjadi didalam pembelajaran meliputi kerjasama, akomodasi, persaingan dan konflik. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui interaksi sosial dalam pembelajaran seni tari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah untuk menggambarkan interaksi sosial dalam pembelajaran seni tari.


           


Kata Kunci  : Interaksi Sosial, Pembelajaran


 


                    Learning of dancing at school includes in the local content. Learning of dancing at school teach about social interaction between teacher with students and also among the students. The social interaction is mutual relationship between individuals, individual with group or among the groups. The social interaction can ocur in teaching and learning process. They are including cooperation, accomodation, competition, and conflicts. The research purpose is to know the social interaction in learning of dancing. It is using qualitative method. The data collection techniques is conducted by the researcher consists o observation, interviews, and documentation. And the validity of the examination is using triangular techniques. They are collecting data so the result of the study is to describe the social interaction in learning of dancing.


Keywords: Social interaction, learning