Abstract

Evaluasi Pembelajaran Seni Tari adalah sebagai upaya mengetahui pemahaman siswa dari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru seni tari dalam proses nilai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Wiradesa kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2013/2014, dan aktor-faktor yang mempengaruhi evaluasi pelaksanaan pembelajaran seni tari yang mendukung dan menghambatdi SMP Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Lokasi penelitian dan sasaran penelitian yang dipilih adalah SMP Negeri 1 Wiradesa yang berada di Kelurahan Pekuncen Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan yang merupakan satu-satunya sekolah faforit dan sudah menggunakan kurikulum baru. Dalam penelitian ini jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni pelaksanaan evaluasi pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Wiradesa melalui ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam penilaian autentik dengan penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, penilaian jurnal, dan penilaian portofolio, pada ranah keterampilan siswa menyusun tarian berdasarkan aspek tenaga, ruang, dan waktu.

 

Evaluation of Learning Dance is an effort to determine student understanding of the learning material provided by the teacher of dance in the process value. The purpose of this study was to describe the implementation of evaluation of learning the art of dance in SMP Negeri 1 Wiradesa Pekalongan district academic year 2013/2014, and actor-evaluation of the factors affecting the implementation of learning dance and menghambatdi supporting SMP Negeri 1 Wiradesa Pekalongan. Location of the study and research objectives is selected SMP Negeri 1 Wiradesa is located in the Village District of Wiradesa Pekuncen, Pekalongan which is the only school faforit and have been using the new curriculum. In this study the type of research uses descriptive qualitative research methods. Source of data used is based on the observation, interviews, and documentation. Analysis using data reduction, data display, and conclusion. The results of the evaluation study of learning dance at SMP Negeri 1 Wiradesa through the realm of knowledge, attitudes, and skills in authentic assessment with observation assessment, self-assessment, peer assessment, assessment of the journal, and portfolio assessment, students put the skills in the realm of dance based on aspects power, space, and time.