Abstract

E-Learning Schoology, merupakan salah satu media dalam poses pentransferan ilmu dari guru kepada siswa, untuk membantu keterlaksanaan PBM. Hal ini juga yang menjadi topik penelitian yang dilakukan dalam pembelajaran Tari Manduda, sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas di MAN 2 Medan. Dalam analisis digunakan teori Schoology oleh Haniah, Teori hasil belajar oleh Benyamin Bloom. Selanjutnya materi yang diajarkan adalah Tari Manduda dengan topik pada sejarah, fungsi, makna gerak, dan unsur pendukung dalam tarian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari manduda dengan media pembelajaran e-Learning Schoology dan untuk mengetahui hasil belajar setelah diterapkannya media pembelajara ini. Metode deskriptif kuantitatif menjadi metode yang dipih dengan pola one-group pretest-posttest. Sebanyak 417 orang siswa sebagai populasi, dan sampel 18 orang yaitu dari kelas X IPA 1. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam menguji digunakan instrumen berupa test soal berjumlah 20 yang sudah divalidasi dan digunakan pada saat pretest dan posttest. Sebagai analisis data digunakan Uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui apakah data kelompok sampel tersebut sudah berdistribusi normal  dan  homogen atau tidak. Uji hipotesis dilakukan  menggunakan uji t dengan SPSS, berdasarkan tabel t dengan df = 17 dan  menunjukan bahwa t tabel < t hitung yaitu 1.739 < 22.394  maka Ha diterima dan Ho ditolak  atau ditemukan  perbedaan  rata-rata.  Maka disimpulkan bahwa hasil pretest dan posttest mencapai peningkatan sebesar 19,67% terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi tari manduda dengan media e-learning schoology di kelas X IPA 1  MAN 2 Model Medan.