Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan. 2014. Kota Pekalongan Dalam Angka 2014. Pekalongan: BPS Kota Pekalongan
Hadi, Sumandiyo. 2005. Sosiologi Tari. Yogyakarta: Penerbit Pustaka
Hartono. 2011. Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Semarang: UNNES PRESS
Indriyanto. 2001. “Kebangkitan Tari Rakyat dalam Kancah Perkembangan Tari di Jawa Tengahâ€. Dalam Jurnal Harmonia. Volume 2 No. 2. Hal: 59-65. Semarang: FPBS IKIP Semarang
Jazuli, Muhammad. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press
----------.2001. Metode Penelitian kualitatif. Semarang: Jurusan Sendratasik Universitas Negeri Semarang
----------. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press
----------. 2008. Pendidikan Seni Budaya: Suplemen Pembelajaran Seni Tari. Semarang: UNNES PRESS
Malarsih. 1998. “Tari: Sebuah Fenomena Keindahan Seni yang Kebenaran Keindahannya Masih Perlu Ditelaah Secara Filsafatiâ€. Dalam Jurnal Lingua Artistika. Volume XXI No. 2. Hal: 366-376. Semarang: IKIP Semarang
Matthew B.Miles, A.Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. PenerjemahTjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Moleong.Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ngalimun; Haris Fadilah; dan Alpha Ariani. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Rahadinta, Award. 2011. Peranan Warnet sebagai Sarana Mengakses Informasi Musik bagi Remaja di Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali.Skripsi Jurusan Sendratasik. Semarang: FBS Unnes
Rohidi. 2000. Ekspresi Seni Orang Miskin. Bandung: Penerbit Nuansa
Sedyawati, Edi. 1981. Pertumbuhan Seni Pertunjukkan. Jakarta : Sinar Harapan
Sugiyono. 2010. Metode Penelitiaan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Susanti, Dewi. 2013. Perkembangan Kesenian Barongsai dan Liong di Sasana Wushu Naga Sakti Semarang. Skripsi Jurusan Sendratasik. Semarang: FBS Unnes
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Veronica, Eny. 2012. Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. Jurnal Jurusan Sendratasik FBS. Semarang: UNNES PRESS
Yusuf, Syamsu. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
http://oss.pekalongankota.go.id/ (diunduh pada tanggal 21 November 2014)
http://pekalongankota.bps.go.id/ (diunduh pada tanggal 21 November 2014)
http://sekolahtarigenecela.blogspot.com/ (diunduh pada tanggal 30 September 2014)
http://diantiaprispuri.blogspot.com/ (diunduh pada tanggal 30 September 2014)
- Abstract viewed - 1139 times
- PDF downloaded - 7972 times
Copyright
© ,
Affiliations
Kania Rizki Salsabila Kania Rizki Salsabila
Affiliation not stated
How to Cite
PERANAN SANGGAR TARI KALOKA TERHADAP PERKEMBANGAN TARI DI KOTA PEKALONGAN
Vol 4 No 1 (2015): Vol 4 No 1 (2015)
Submitted: Mar 6, 2016
Published: Mar 2, 2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikanperanan Sanggar Tari Kaloka terhadap perkembangan tari khususnya tari tradisional dan tari kreasi di Kota Pekalongan.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penulisan hasil penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanggar Tari Kaloka memiliki peranan terhadap perkembangan tari di Kota Pekalongan. Peranan Sanggar Tari Kaloka terhadap perkembangan tari di Kota Pekalongan dilakukan melalui aktivitas sanggar yang terkait dengan kegiatan penggarapan, pelatihan, dan pementasan tari. Peranan Sanggar Tari Kaloka terhadap perkembangan tari secara kualitatif dapat dilihat dari kegiatan penggarapan tari. Peranan Sanggar Tari Kaloka terhadap perkembangan tari secara kuantitatif dapat dilihat dari kegiatan pelatihan dan pementasan tari.