Abstract

Dalam komunikasi antar pribadi seseorang kadang-kadang mempunyai ketakutan untuk melakukan komunikasi (communication apprehension). Dalam beberapa kasus dijumpai konselor dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok kepada siswa hanya sebatas menjelaskan atau memberi ceramah kepada siswa.  Permainan merupakan salah satu  media bimbingan dan konseling dalam menghadapi konseli. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi empiris secara deskriptif communication apprehensif siswa SMA kelas X sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan serta untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan mampu mengurangi communication apprehensif siswa SMA kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental, dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest.  Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas X yang memiliki skor communication apprehension tinggi.  Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis communication apprehension. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilxocon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata communication apprehension setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok persentase rata-rata tersebut mengalami penurunan. Mendasarkan pada hasil penelitian ini, disarankan; 1)Konselor dalam mengurangi communication apprehension siswa hendaknya dirancang melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan jenis permainan; 2) Hendaknya dalam memilih permainan dalam bimbingan kelompok senantiasa memilih permainan yang menarik dan merangsang berkurangnya communication apprehension.

 

In the personal communication, sometimes, a person has fears to do communication to others (communication apprehension). In some cases, the counselors in implementing group guidance and counseling services to students merely explain or give lectures. The game is one of the guidance and counseling media to face of the counselee. The purposes of this study are to obtain a descriptive empirical information about students’ communication apprehension on grade X high school before and after the guidance given by using the games. And to test the effectiveness of group guidance by using games to reduce communication apprehension on grade X high school. This research used pre-experimental research with one group pretest-posttest design. The subjects were students of grade X high school. The method of data collection used psychological scale. The technique of data analysis used percentage descriptive analysis and Wilxocon test. The results showed that the average percentage of communication apprehension after getting group guidance and counseling services, the average percentage decrease. Regarding this results, it is suggested:1) Counselors in reducing students’ communication apprehension should be designed with the group guidance to use Game, 2) the counselors should choose exciting and stimulating games in the guidance group to reduce communication apprehension.