Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna yang  efektif   untuk  meningkatkan kecerdasan emosional siswa? Desain penelitian ini menggunakan metode   Educational Research and Development, dengan jumlah sampel sebanyak 10 siswa dipilih secara purposive sampling dari 304 populasi. Pengambilan sampel sebanyak 10 orang siswa, agar dalam proses pemberian  treatment dalam kegiatan bimbingan efektif  dan optimal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna terbukti efektif  untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna yang dikembangkan merupakan sebuah  proses pemberian bantuan oleh konselor kepada individu dengan berlandaskan pada nilai-nilai budaya Muna, agar individu mengenali dirinya, mengenali lingkungannya dan mampu berpikir secara obyektif  dalam memaknai kehidupan baik di sekolah maupun di lingkuangan sosialnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Muna efektif  untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa.Tingkat kecerdasan emosional siswa sebelum bimbingan kelompok adalah  42.73% dan setelah bimbingan kelompok meningkat menjadi 52.83%. Terjadi peningkatan sebesar 10.09%. Peningkatan tersebut terjadi pada semua aspek kecerdasan emosional.

Abstract

The question in this research is what is the group counseling models, based on Muna cultural values, that is effective to improve students’ emotional intelligence? The purpose of  this study is to introduce a group counseling models, based on Muna cultural values, that is effective to improve students’ emotional intelligence. This research design is using Educational Research and Development method, with a total sample of  10 students selected by purposive sampling from population of  304. This proposed group counseling models, based on Muna cultural values is a process of  assistance providing by the counselor to individuals based Muna cultural values, so that the individuals are able to recognize themselves, recognize their environment and capable to think objectively about the meaning of  life both at school and the social environment. The results showed that group counseling models, based on Muna cultural values is effective to improve students’ emotional intelligence. Students’ level of  emotional intelligence before the groups counseling is 42.73% and after the group counseling is increased to 52.83%. An increase of  10.09%. The increase occurred in all aspects of  emotional intelligence.