Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen dengan cara ujicoba dalam bentuk model dan instrumen, berdasarkan pertimbangan pakar dan penilaian daripraktisi/pengguna yang dilakukan melalui FGD dapat menggambarkan keterpenuhan validitaskonstruk, tingkat reliabilitas, dan kriteria fit model yang pengukurannya dapat disimpulkantelah memenuhi syarat sebagai salah satu model dan instrumen yang dapat digunakan dalamevaluasi program bimbingan dan konseling SMP Kab. Kudus sehingga dapat menjadi acuandalam guru bimbingan dan konseling/ konselor sekolah dalam meningkatkan keefektifankinerjanya.  Dengan ujicoba instrumen sebanyak 50 guru bimbingan dan konseling SMP seKabupaten Kudus meliputi 9 kecamatan diperoleh hasil  reliabitas 0,952. Dengan demikian,model CSE-UCLA dapat digunakan untuk mengevaluasi program layanan bimbingan dankonseling dan dapat menjadi alat ukur efektivitas kinerja guru bimbingan dan konseling. Saranyang dapat diberikan kepada peneliti lain yang akan meneliti tentang evaluasi CSE-UCLA atau yang akan melanjutkan penelitian tentang evaluasi CSE-UCLA  yang penulis lakukan,alangkah lebih baiknya apabila melakukan uji coba dengan kawasan yang lebih besar denganmengujikan uji efektivitasnya sehingga dapat terlihat dengan jelas efektivitas modelnya.

Abstract

This development research aims to build instrument by counducting an experiment using models andinstruments under consideration of  experts and the assessment from the practicioners/users. Such instrumentas conductedthroughan FGD so the resultfulfill the requirementsof constructions validity, reliabilitylevelsarequalifiedasoneof the model and instruments can be used as evaluation of  guidance andcounseling program at junior high school in Kudus. Hopefully, these model and instruments can be usedasa areference by wich the guidance and counseling he guidance and counseling teachers of  Junior HighSchool in Kudus can improve their performance effectiveness. The sample are 50 junior high school guidanceand counseling teachersform9kecamatan(districts) of Kudus within reliability 0,952. Not onlythe CSE-UCLA models is an appropriate model for evaluating the guidance and counseling service andbecome the measurement in measuring performance effectiveness of  the guidance and counseling teachers.Forthose whowont toconduct aresearchon CSE-UCLA evaluation or continue thisresearch,itwill be much better if  it is conducted in wider area so that tehe effectiveness of  the model will be more vivid.