Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and developmentdengan subjek penelitian berjumlah 10 orang yang dipilih dengan teknik purposivesampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok denganteknik sosiodrama terbukti efektif  untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.Berdasarkan analisis skor terhadap skala penyesuaian diri yang diberikan kepadasubjek penelitian sebelum diberikan perlakuan (pre-test) adalah  52,3% dan setelahdiberikan perlakuan (post-test) menggunakan bimbingan kelompok dengan tekniksosiodrama, tingkat penyesuaian diri siswa mengalami peningkatan menjadi 64%,terjadi peningkatan sebesar 11,7%. Berdasarkan hasil pengujian menggunakanrumus uji t dengan menggunakan bantuan perangkat lunak (software) SPSS 16.00for Windows, nilai signifikansi hitung (Sig.2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 padataraf  signifikansi 95%. Oleh karena nilai signifikansi hitung < 0,05 maka hipotesisalternatif  (Ha) diterima yang berarti bahwa model bimbingan kelompok denganteknik sosiodrama terbukti mampu untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.