Abstract

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah bagaimana multimedia interaktif  bimbingan karir meningkatkan keterampilan mengambil keputusan karir siswa SMP? Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif  bimbingan karir untukmeningkatkan keterampilan mengambil keputusan karir siswa SMP. Subjek uji cobasejumlah 19 siswa dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkanbahwa multimedia interaktif  bimbingan karir terbukti efektif  dalam meningkatkanketerampilan membuat keputusan karir. Tingkat keterampilan membuat keputusankarir sebelum bimbingan karir adalah  37,32 dan setelah karir meningkat menjadi50,63. Terjadi peningkatan sebesar 13,2 atau 11,89%. Peningkatan tersebut terjadipada semua indikator kemandirian belajar. Hasil uji statistik wicoxon bahwa rerata(mean) antar kelompok kanan dan kiri yaitu 12,79, standar deviasi = 10,25, reratastandar kesalahan = 2,35, angka t hitung = 5,43 dengan derajat kebebasan 18 padapeluang kesalahan 0,000 (signifikan) didukung jika peluang kesalahan (p) > 0,05atau pada taraf  signifikan dibawah 95%.

Abstract

The research problem show this interactive multimedia career guidance can improvethe careerdecision-making skill ofJunior High School (SMP) students. The purposeof  this studyis tocreate a interactive multimedia career guidance to improvethe career decision-making skillon SMP students. This study used Educational Research and Development method. Thesubjects were19 studentsselectedby purposivesampling technique. The results showedthat thiscareer guidance model is effectiveto improve thecareerdecision-making skill. The level of  careerdecision-making skill before treatment was 37.32andincreased to50.63aftertreatment. Therewas an increaseof  13.2or11.89%. This increaseoccurred inall of  indicators ofindependencelearning. The result of  Wicoxonstatistical testshowed that the mean between the right and leftgroup swas 12.79, standard deviation = 10.25, meanof  standard error=2.35, ttest =5.43with18degrees of  free domin chance of  error 0,000(significant) and support edif  the chanceof  error(p) > 0.05 or ata significant level below 95%.