Abstract

Kecemasan berbicara di depan kelas merupakan salah satu ketakutan terbesar yang dialami oleh manusia. Seringkali siswa merasa cemas apabila harus melakukan presentasi di depan kelas. Pada umumnya kecemasan berbicara di depan kelas bukan disebabkan oleh ketidakmampuan individu, tetapi sering disebabkan oleh adanya gangguan fisik, psikologis dan behavioral. Oleh karena itu untuk membantu siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas dapat dilakukan melalui model bimbingan kelompok dengan teknik fun game. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menguji efektifitas model bimbingan kelompok dengan teknik fun game untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brangsong. Analisis penelitian menggunakan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan yang signifikan antara sebelum diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik fun game dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik fun game. Penurunan tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik fun game efektif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa. Sehingga diharapkan model ini dapat digunakan konselor dalam pelayanan mengurangi kecemasan berbicara siswa.


Anxiety about speaking in front of the class is one of the greatest fears experienced by humans. Students often feel anxious whenever they have to give a presentation to the class. In general, anxiety about speaking in front of the class is not caused by the inability of the individuals, but it is often caused by physical, psychological and behavioral problems. Therefore, helping students who experience speaking anxiety when they have to speak in front of the class can be done through group guidance using fun game techniques. The conducted study is a research and development program aimed to test the effectiveness of group guidance using fun game techniques to reduce anxiety about speaking in front of the class of Grade VII students at SMP Negeri 2 Brangsong. Analysis of the data was performed using the t-test, it can be concluded that there was a significant decrease in the level of anxiety after the guidance using fun game technique. The decline shows that group guidance using fun game techniques was effective to reduce anxiety about speaking in front of the class of among students. It is expected that this model can be used by counselors to reduce students’ speaking anxiety.