Abstract

Informasi karier yang berkaitan dengan pendidikan lanjutan merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membantu siswa memahami dirinya sendiri, dunia kerja pada umumnya serta aspek-aspek dunia kerja pada khususnya. Tujuan penelitian ini menghasilkan model layanan informasi karier yang efektif digunakan oleh guru bimbingan dan konseling terhadap siswa di SMP. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Sampel terdiri 21 guru bimbingan dan konseling, dan 25 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Model layanan informasi karier yang di kembangkan merupakan model deskriptif, yaitu model yang mendeskripsikan suatu sistem atau proses, baik secara kualitatif dan kuantitatif. Model ini menggambarkan langkah-langkah dalam mencapai tujuan dan saling berpengaruh pada setiap langkah. Adapun langkah-langkah pengembangan model layanan informasi karier meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penerapan model ini mengharuskan guru bimbingan dan konseling untuk mempelajari langkah-langkah praktis model layanan informasi karier, karena dipandang sangat efektif dan praktis membantu siswa menentukan pilihan karier

Career informations which are related to the continued study is one of the tool to help students understanding their own selves, working world generally as well as working world aspects spesifically. This research aims to produce an effective career information service model established by Guidance and Counselling teachers for Junior-High School students. This research uses educational researchn and development method. The sample consist of 21 Guidance and Counselling Teachers, and 25 students who are picked using purposive sampling method. The career information service model which is developed is descriptive model, which means a model describing a system or process, both qualitatively and quantitatively. This model describes the steps in reaching goals and gives influences in every stage. And the stages are: planning, implementation, and evaluation. The implementation of this model requires the Guidance and Counselling Teachers to study the efficient steps and how to help the students determining their careers.