PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA ARAB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Karina Oktaviani

Abstract

a stagnant learning the skills of reading makes students less interested in learning to read so that students are lazy to read. One effort to improve reading skills is to implement cooperative learning model TGT. This learning model engages students into their respective groups, where each group will play each other in accordance with the level of ability of each student.

Analysis of test results showed that the experimental class at the pretest to obtain an average value of 73.95 in all aspects. While the control class at the pretest scored 71.60. Treated after experimental class scored an average of 79.65 while the control class untreated obtain rata72 average, 25. Having calculated by the formula t ttest experimental class had greater than ttabel ie t = 5.00> t table = 2.02. So based on these calculations it can be concluded that cooperative learning model TGT effective for improving reading comprehension skills

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ainin, M. 2006. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : Misykat
Anisah. 2011. Pemanfaatan Media Komik Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Berbahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII B MTs Salafiyah Karang Tengah Warungpring Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Atho’, Ibrohim Muhammad.1996.طريق تدريس اللغة العربية و التربية الدينية
مكتبة: النهضة المصرية
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik : Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
Depdiknas. 2004. Keterampilan Membaca Pemahaman. Jakarta : Depdiknas
Diyanto. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Melalui Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII6 MTs Filial Al Iman Adiwerna Tegal Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab طريقة تعلم اللغة العربية . Malang : Misykat
Fitriyani, Ika. 2011. Metode Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab Kelas VII A MTs Nurul Huda Dempet Kabupaten Demak. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Hanif, Bernadi. 2011. Metode Kooperatif Dengan Teknik Permainan Bola Kosakata Untuk Menigkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII A MTs Al Hidayah Wonoboyo Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
Iskandarwassid. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosda karya
Isjoni. 2011. Pembelajaran Koopertif : Meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogjakarta : Pustaka Pelajar
Nugraha, Rohmat Teguh. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Kuliah Tadrib Muhadatsah Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogjakarta : BPFE
Nurtyastuti, Dewi Cahyani. 2011. Strategi PQ4R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII F Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Prasetya, Hendra. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Cerita Berbahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) Bagi Siswa Kelas V MI Al Islam Mangunsari 2 Kecamatan Gunungpati Kota Semaran Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Rifa’I, Ahmad, dan Anni, Catharina T. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang. Universitas Negeri Semarang Press
Robi’ah. 2011. Pemanfaatan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XI Bahasa MA Al Irsyad Gajah Demak. Skripsi : Universitas Negeri Semarang
Slamet, St.Y. 2009. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta : UNS Press
Slavin, Robert. E. 2010. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sugandi, Achmad. 2005. Teori Pembelajaran. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta : Pustaka Pelajar
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
www.arisandi.com 21/03/2012 12:37 10/31/2010 18:48
www.id.wikipedia.org 05/04/2012 15:21

طعيمة، الدكتور رشدى أحمد .۱٩٩٨. مناهج تدريس اللغة العربية بالتعليم الأساسى. القاهرة : دار الفكر العربى