PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG BERKARAKTER DAN BERBUDAYA YANG BERBASIS KTSP PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KENDAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anny Setyowati

Abstract

The Government has launched the implementation of the nation's culture and character education for all levels of education. Development of culture and national character are integrated into the subject, ie the values of culture and national character education integrated into the curriculum, syllabus and Teaching Implementation Plan (RPP) which already exists. But unfortunately, the integration of cultural values and national character is not yet fully understood all educators. In addition, learning Arabic in the classroom is still limited to a transfer course materials, directed only at the cognitive and psychomotor, not to the affective domain. Learning is not directed at the formation of the attitude and personality of the students which is a form of integration of cultural values and national character education in learning.

This study aimed to describe the character of learning Arabic and cultured in class VII MTs N Kendal and describe the implementation of Arabic language learning device that character and those cultured in the classroom.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ainin, Moh. 2010 Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Said hamid. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan nasional.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktriana, Indah. 2007. “Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran PKn Kelas X SMA Negeri 2 Bae Kudus”. Semarang: Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supinah dan Pujiati. 2009. Pengembangan silabus dan RPP Matematika SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Ulinnuha, Retno. 2010. “Analisis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Sosiologi Ditinjau dari Implementasi Pendidikan Nilai Budi Pekerti di Kelas X SMA Negeri 1 Temanggung Tahun Pelajaran 2009/2010”. Semarang: Skripsi. Tidak diterbitkan.

Wahyuni, Sri. 2009. “Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Margoyoso Pati”. Semarang: Skripsi. Tidak Diterbitkan.