PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN PURWODADI GROBOGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eko Herry Utomo

Abstract

Kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN Purwodadi Grobogan terutama kelas X1 dan X3 masih rendah. Oleh karena itu, perlu ada alternatif media pembelajaran yaitu media Macromedia flash interaktif yang menyenangkan. Masalah penelitian ini (1) Apakah media pembelajaran bahasa Arab berbasis Macromedia Flash Profesional 8 efektif untuk meningkatan berbicara siswa di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektifitas peningkatan berbicara siswa setelah memanfaatkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis Macromedia Flash Profesional 8. Desain penelitian ini adalah eksperimen, Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Pada pre-test kelas kontrol nilai rata-rata 66.79 dan post-test nilai rata-rata 76.42. Pada pre-test kelas eksperimen nilai rata-rata 68.66 dan post-test nilai rata-rata 84.74. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yaitu pembelajaran dengan menggunakan media macromedia flash efektif pada keterampilan berbicara bahasa Arab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Eko Herry Utomo, Bahasa dan Sastra Asing

Pendidikan Bahasa Arab

References

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab ????? ???? ????? ??????? . Malang : Misykat