PENGOPTIMALAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII H MTS NEGERI KENDAL TAHUN 2012/2013

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Miftakhul Hidayah

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor Sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013”. Perbedaan kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pada kemahiran membaca bacaan berbahasa Arab, sehingga pelaksanaan pembelajaran yang diterima kurang optimal. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada keterampilan membaca di kelas VII H MTs Negeri Kendal? (2) bagaimana pengoptimalan keterampilan membaca di kelas VII H MTs Negeri Kendal dengan model pembelajaran tutor sebaya? (3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik pada keterampilan membaca dengan model pembelajaran tutor sebaya?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran bahasa Arab pada kelas VII H. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2012/2013.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Miftakhul Hidayah, Bahsa dan Sastra Asing

Pendidikan Bahasa Arab

References

Ainin, Mochammad. 2006. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Pasuruan: Hilal Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Atho’, Ibrohim Muhammad. ??? ????? . 1996
????? ??????? ???????? ??????? ?????:
?????? ??????? .
Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Kinara Jombang.
Hamalik, Umar, 1994, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.
Hamid, Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN-Malang Press.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Khalilullah, M. tt. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kusdiono, 2010, Pembelajaran dengan Tutor Teman Sebaya, tersedia di (http://kusdiono.com./2010/11/25).
Munawwir, Ahmad Warson dan Muhammad Fairuz. 2007. Kamus Al-Munawwir Indonesia-Arab. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nuha, Ulin. 2012. Metode Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.
Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? “Suatu Teknik Memahami Literatur Yang Efisien”. Malang: Sinar Baru Algasindo.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Subyantoro. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryo,Amin. 1982. Pengajaran Remedial. Jakarta: Percetakan Negara RI.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: UNNES.
Tarigan, Henry Guntur. 1990a. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
. 2008b. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Alfiyah. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Peserta didik MTs N Lasem, Rembang Kelas VII Semester 2 Pada Materi Pokok Segitiga Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: UNNES.
Annuur, Lathifah. 2009. Efektivitas Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Unsur-unsur Fisik Wilayah Indonesia Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Patebon-Kendal Tahun 2008/2009. Skripsi. Semarang: UNNES.
Nugroho, Rohmat Teguh. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperaative Learning Tipe Peer Tutoring Untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Kuliah Tadrib Muhadatsah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: UNNES.
Prasetya, Hendra. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Cerita Berbahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) Bagi Siswa Kelas V MI Al-Islam Mangunsari 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/ 2010. Skripsi. Semarang: UNNES.
Robiah. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Arab Dengan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Relite, Review) Pada Siswa Kelas XI Bahasa MA AL-Irsyad Gajah Demak. Skripsi. Semarang: UNNES.
Taswadi. 2012. Metode Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Komputer Dalam Mata Kuliah Komputer Dan Media Pembelajaran. dalam Jurnal UPI: Bandung.