ARABIC STORYBOOK SERIES: MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IV MI MIFTAHUL HIDAYAH VISUALISASI TIGA DIMENSI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Mursyid

Abstract

Salah satu keterampilan berbahasa adalah membaca. Pada umumnya membaca bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataanya sering kali jarang di praktekkan oleh siswa, utamanya para siswa SD/MI. Hal ini terjadi karena faktor internal dari siswa tersebut maupun dari faktor eksternal siswa. Dengan adanya fenomena tersebut penulis memberikan solusi konkret yang diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan dan minat membaca bahasa Arab, yaitu dengan penggunaan Arabic Storybook Series. Sebuah inovasi baru yang dikemas secara menarik, dengan tujuan untuk menjadikan siswa gemar membaca bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana gambaran profil Arabic Storybook series yang sesuai dengan siswa, guru, dan kurikulum? 2) bagaimana analisis penilaian guru dan ahli terhadap Arabic Storybook Series? 3) bagaimana uji coba media pembelajaran Arabic Storybook Series terhadap siswa?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui gambaran profil Arabic Storybook series yang sesuai dengan siswa, guru, dan kurikulum, 2) mengetahui analisis penilaian guru dan ahli terhadap Arabic Storybook Series, 3) uji coba media pembelajaran Arabic Storybook Series terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D). Data Penelitian ini melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrument kebutuhan guru maupun siswa yang dilakukan sebelum prototipe Arabic Storybook Series disusun dan instrument uji ahli setelah Arabic Storybook Series selesai disusun untuk kemudian dinilai. Alat data non tes yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan, t hitung -15,82 jatuh pada daerah menerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Sedangkan t Tabel 1,316 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk produk baru lebih efektif dari produk lama.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Muhammad Mursyid, Bahsa dan Sastra Asing

Pendidikan Bahasa Arab

References

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional Bab X Kurikulum.
Aji, Adma. 2011. Pop-up Book, Barnes, dan Noble. Bandung: Okcit
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajaranya. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Djamarah, dan Zain. 2010. Macam, Teknik, Strategi Media Pembelajaran. Semarang: Need’s Press.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Kinara Jombang.
Hamid, Baharudin, Mustofa. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN malang press
Haryadi. 2006. Retorika Membaca:Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Hoetomo, As’ad. 2005. Keterampilan Membaca Anak Indonesia. Bandung: Aneka Pustaka
Khalilullah, Muhammad. 2010. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurhadi, dan Sudrajat 2008. Media Pembelajaran Bahasa. Sinar Baru Algensindo: Bandung.
Rahim, Haryadi. 2008. Retorika Membaca: Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Rossa, Ayu. 2010. 3D Mini Series Book: Peningkatan Minat Baca Anak. Bandung: Refika Aditama.
Sadiman, Arief. Et al. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Rajawali Pers
Santyasa. 2007. Media Pembelajaran Guru SMA. Semarang. Handout.
Sudiman, Yasir. 1996. Media Pembelajaran dengan Dua bahasa. Malang: Bumi Persada
Sudjana, Nana dan Ahamad Rivai. 2009. Media Pelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugandi, Ahcmad, et-al. 2009. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Saodih. 2008. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: RT Remaja
Suparno, Adi. 2001. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: DepdikBud Dirjen.
Sutikno, dan Sudiman. 1996. Media Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Tampubolon, Dp. 1998. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun Kamus Depdikbud. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud dan Balai Pustaka.
Zuanda. 2010. Cookbooks & Children Books/Children's Books/Pop-up. Bandung: Erlangga.
Lestari, Indah. 2007. Peningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bacaan berhuruf Jawa dengan Media Kartu pada Siswa Kelas VIII F SMPN 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Semarang:UNNES
Muzakki, Ahmad. 2010. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bacaan Berbahasa Arab Dengan Menggunakan Media Puzzle Pada Siswa Kelas IV SD Islam Tunas Harapan Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: UNNES
Prasetya, Hendra. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Cerita Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) Bagi Siswa Kelas V MI Al-Islam Mangunsari 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: UNNES
Widayanti, Sri. 2006. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bacaan Berbahasa Jawa Melalui Tekhnik Latihan Berjenjang Pada Siswa Kelas VIII B SMPN 13 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007 . Skripsi. Semarang: UNNES
(http://martiningsih.blogspot.com/2008/12/mem-mem-mtde-pmbljrn.html).
(www.markhiner.co.uk/history-text.htm. SUMBER: Data yang didapat dari Periplus Gallaxy Mall Surabaya mulai 03-03-08 hingga 07-11-08).
Depdiknas.co.id
www. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan 2008.co.id
www.bps.co.id tanggal 11 Februari 2013