I MANAJEMEN PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 1 KOTA MALANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Miftakhul Fariz
Agustini Agustini

Abstract

Manusia adalah makhluk yang saling bergantung dengan manusia lainnya, maka dari itu kita dinamakan sebagai makhluk sosial, terutama dalam mengembangkan sesuatu terlebih dalam pembelajaran, karena itu butuh sebuah manajemen dalam pengorganisasian, dengan demikian kita bisa terstruktur dengan baik dalam pembelajaran Bahasa Arab. Oleh karenanya pengorganisasian sangat urgen keberadaannya dalam pembelajaran untuk memastikan kinerja dan pekerjaan yang sudah terstruktur dengan baik guna tercapainya hasil pembelajaran Bahasa Arab yang baik, dalam menajemen pengorganisasian pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Kota Malang dengan fokus pengorganisasianya dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif penulis menggunakan data primer, dengan Teknik pengumpuan data berupa wawancara dan observasi lapangan yang mana peneliti menemukan bahwa sistem pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Kota Malang  terdapat 4 program Bahasa Arab disekolah tersebut Yaitu: Program Bahasa Arab Wajib, Program Bahasa Arab Peminatan, Program Bahasa Arab Sastra, dan Program Bahasa Arab Qowaid. Dan peneliti tidak menemukan pengorganisasian secara terstruktur dalam manajemen pengorganisasian dalam pembelajaran Bahasa Arab, karena belum terdapat tatanan yang menunjukkan  struktur organisasi seperti bagan organisasi dan pembagian tugas-tugas para anggota yang terkait dalam organisasi tersebut. Terdapat pendidik Bahasa Arab berjumlah 6 orang yang terdiri dari 4 guru tetap PNS dan 2 guru tidak tetap. Para tenaga pengajar ini dibawah naungan F-MGMP (Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Se-Indonesia), dan koordinator di sekolahan MAN 1 Kota Malang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##