EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY MEMORIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MAARIF NU 04 TAMANSARI PURBALINGGA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurrohmah Nurrohmah
Nailur Rahmawati
Hasan Busri

Abstract

penerapan suatu metode pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses interaksi belajar mengajar, salah satunya dengan penerapan metode Mim-Mem (Mimicry Memorization). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Maarif NU 04 Tamansari Purbalingga. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan quasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tesTeknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai  pre-test dan post-test keterampilan berbicara kelas eksperimen yaitu 68,9 dan 75,16. Sedangkan diketahui pada kelas kontrol rata-rata dari nilai pre-test dan post-test adalah 66,98 dan 65,56. Pada keterampilan membaca kelas eksperimen rata-rata dari nilai pre-test dan post-test adalah 68,43 dan 75,33. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata dari nilai pre-test dan post-test adalah 71,16 dan 71,50. Dari perhitungan menggunakan t-test diperoleh thitung = 9,7 dan thitung = 3,24, sedangkan ttabel  untuk N=30 dan derajat kebebasan dk=30-1=29 adalah 2,045 dengan taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diterima adalah Ha. Dengan demikian penerapan metode Mim-mem (Mimicry Memorization) efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Maarif NU 04 Tamansari Purbalingga.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##