KEEFEKTIFAN MEDIA BULBAR (BULETIN BAHASA ARAB) PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA MAN DEMAK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Durotun Nashiah
Zaim Elmubarok

Abstract

Abstrak

Teks/bahan bacaan yang kurang bervariatif dan tidak adanya media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman membuat kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI IPA MAN Demak  tergolong masih sangat rendah. Oleh karena itu peneliti menawarkan media buletin dalam penelitian ini. Karena buletin berisi bahan bacaan dengan berbagai ragam topik yang menarik, juga didukung penyajiannya yang lebih menarik dibandingkan buku ajar biasa. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan media Bulbar (Buletin Bahasa Arab) pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI IPA MAN Demak. Untuk mengetahui apakah penggunaan media tersebut efektif dalam pembelajaran, maka penulis melakukan penelitian dengan cara turun langsung mengamati proses belajar mengajar di kelas dan bertindak sebagai pengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode kuantitatif dengan desain quasi experimental. Instrumen penelitian adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Dari hasil perhitungan, rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh  = 4,846 dan =1,671. Karena > maka hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja. Yaitu pembelajaran menggunakan media Bulbar (Buletin Bahasa Arab) efektif pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI IPA MAN Demak.

 

Abstract

Text / reading materials that are less varied and the absence of learning media interest in learning reading comprehension skills makes reading comprehension class XI IPA MAN Demak is still relatively very low. Therefore, researchers offer a media bulletin in this study. Because bulletin contains reading materials with a wide range of topics of interest, also supported the presentation more interesting than the usual textbook. The issues discussed in this research is how the effectiveness of media bulbar (Bulletin Arabic) on the reading comprehension skills of students of class XI IPA MAN Demak. To determine whether the effective use of media in learning, the authors conducted research in a way down directly observe teaching and learning in the classroom and act as a teacher. This study uses the approach / quantitative method with quasi-experimental designs. The research instrument is a test instrument. Data collection techniques such as testing, documentation, and interviews. Data analysis technique is hypothesis testing. From the calculation, the average post-test experimental class better than the control class. From the calculation using the formula t-test, obtained T_ (count) = 4.846 and T_ (table) = 1.671. Because T_ (count)> T_ (table) then accepted hypothesis is a working hypothesis. Ie learning to use media bulbar (Bulletin Arabic) effective on students' reading comprehension skills of grade XI MAN Demak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

BUKU
Ainin, M., Thohir, M., dan Imam Asrori. 2006. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: MISKAT.
Ainin, Moh. 2007. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka.
. 2013. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera.

Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asrori, Imam, Thohir, M., dan Ainin, M. 2012. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: MISYKAT.
Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: MISYKAT.
Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud & PT. Rineka Cipta.
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2004. Dasar–Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
.2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: CAPS.
Widjaja, H.A.W. 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

JURNAL/SKRIPSI
Afif, Andi M.. 2008. “Wacana Gempa Bumi di DIY Perbandingan Buletin Al-Ikhtilaf dan Buletin Risalah Jum’at”. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Fitriyani, Dewi. 2013. “Efektifitas Media E Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Kelas Xi Bahasa Sma Islam Sudirman Ambarawa”. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Rozida, Chomsa. 2012. “Efektifitas Media Iklan Cetak Berbahasa Arab dalam Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Setyono, Yulian Adi. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Hlm 118-126. 10 November 2014.
Susanti, Isti Puput. 2012. “Peran Humas Pemerintah Daerah dalam Media Internal”. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Wahyuningsih, Rani Anggi.2011. “Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas X Man 1 Yogyakarta”. Skripsi. Tidak diterbitkan.

INTERNET
http://kemenag.go.id