EFEKTIVITAS MEDIA KARTU GAMBAR REKA CERITA BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Baeti Istikomah
Retno Purnama Irawati

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media kartu gambar reka cerita bagi peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian ini pada kelas kontrol mengalami penurunan dari pre-test dengan rata-rata 64,23 dan pada post-test dengan rata-rata 63,08. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 63,85 dan  pada post-test dengan rata-rata 79,42. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa media kartu gambar reka cerita efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas XI di MAN 1 Banjarnegara.

 

Abstract

___________________________________________________________________

The purpose of this research to determine the effectiveness of the media picture card maker story writing in learning the skills of writing Arabic students of Class  MAN 1 Banjarnegara. This research is kind of experiments with quantitative design. The instruments used in this research is a test (pre test and post test). The results of this research on the control class has decreased from pre-test with an average 64,23 and at post-test with an average of 63,08. On a class of experiments has increased from pre-test with an average 63,85 and at post-test with an average of 79,42. Experimental class better than the class of the control. The accepted hypotheses are alternative hypothesis which States that the the media picture card maker story effective in learning the skills of writing Arabic in class XI in MAN 1 Banjarnegara.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Effendy, Ahmad fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Kinara Jombang.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Rosidi, Imron. 2008. Menulis Siapa Takut?. Yogyakarta: Kanisius.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syafa’at. 2005. Kualitas Skripsi Berbahasa Arab Mahasiswa UIN Malang (Kajian Error Analysis untuk Sintaksis dan Ejaan). Malang: Jurusan Sastra Arab,Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Tarigan, Henry G. 2008. Menulis Sebagai Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.