EFEKTIVITAS METODE EXPERT GROUP DAN MODEL LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KENDAL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Latar belakang diadakannya penelitian di MAN Kendal adalah rendahnya kemampuan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan kuantitatif, Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini pada kelas kontrol mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 70,93 dan pada post-test dengan rata-rata 85,83. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 70,82 dan pada post-test dengan rata-rata 89,65. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa metode expert group dan model Lomba Cerdas Cermat (LCC) efektif bagi peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab kelas XI IPA MAN Kendal.
Â
Abstract
___________________________________________________________________
The reason why the researcher hold the research in MAN Kendal is the low reading skill of the students in that class. The kind of this research is experiment. By comparing between the result of experiment group whose given an action and the result of controll group whose not given an action. With quantitative approach, instrumen and  technique for collecting the data is test. data analysis use hypothesis test.
The research result in controll group got increase from the average score in the pre test which is 70,93 and post- test  is 85,83. While the everage score in the experiment group get increase in the pre test which is 70,82 and post-test 89,65. So, experiment group is better than controll group. The received hypothesis is hypothesis work which state that expert group methode and LCC type effective for increasing reading skill arabic language in XI Natural science class MAN Kendal.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Sinar Baru Algesindo: Bandung.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan bahasa Arab. 2013. Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Dekriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.