EFEKTIVITAS METODE READING GUIDE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPS MAN DEMAK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fredina Fransiska
Zaim Elmubarok

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Keterampilan membaca (maharah al-qira’ah/ reading skill) adalah kemampuan mengenali dan memahami isi sesuatu yang tertulis (lambang-lambang tertulis) dengan melafalkan atau mencernanya di dalam hati. Membaca hakekatnya adalah proses komunikasi antara pembaca dengan penulis melalui teks yang ditulisnya, maka secara langsung didalamnya ada hubungan kognitif antara bahasa lisan dengan bahasa tulis. Berdasarkan observasi awal di MAN Demak pada bulan November 2014 masih ditemukan sejumlah masalah dalam pembelajaran bahasa Arab. Masalah tersebut antara lain : (1) minat membaca siswa (terutama dalam membaca teks-teks berbahasa Arab) masih kurang, kategori kurang dalam hal ini dapat dilihat dari respon siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih lambat, ketika disodori teks-teks berbahasa Arab, siswa enggan untuk membacanya, (2) kurang bervariasinya metode pebelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dan (3) ketika pelajaran bahasa Arab siswa merasa takut karena merasa tidak bisa. Oleh karena itu, perlu ada alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode reading guide. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Metode Reading Guide Efektif Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak . Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis. Dari data tes dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa setiap kelasnya mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pre-test kelas kontrol 60,74 dan rata-rata nilai post-testnya 73,00. Sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen 65,06 dan rata-rata nilai post-testnya 81,50. Hasil tes kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode reading guide efektif terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas XI IPS MAN Demak.

 

Abstract

___________________________________________________________________

Reading skills (Maharah al-qira'ah / reading skills) is the ability to recognize and understand the contents of something written (symbols written) by reciting or digest it in the heart. Reading is essentially the process of communication between the reader with the author through a written text, it is directly in it no cognitive relationship between oral language with written language. Based on preliminary observations in MAN Demak in November 2014 still found a number of problems in learning Arabic. These include the following: (1) reading interests of students (especially in reading texts in Arabic) is still lacking, the category is lacking in this case can be seen from the response of students in learning Arabic is still slow, when presented with texts in Arabic, students reluctant to read, (2) less variation pebelajaran method used in Arabic learning, and (3) when the Arabic language lessons students feel scared because it was not able to. Therefore, there should be alternative learning methods to improve reading skills in the Arabic language students. One way is to use the method of reading guide. The problem in this research is how the method Effectiveness Against Reading Guide Reading Skills Arabic Student Class XI IPS MAN Demak. The purpose of this study is to determine whether the method is Effective Against Reading Guide Reading Skills Arabic Student Class XI IPS MAN Demak. The design study is an experiment, by comparing the results of the control group were not given the treatment with the experimental group were given treatment. The instrument used was the test instrument. Data collection techniques such tests. The data analysis technique used is hypothesis testing. From the test data it can be seen that the average value of the control class and experimental class with a number of 34 students per class has increased. The average value of the pre-test control class 60.74 and the average value of the post-testnya 73.00. While the average value of the pre-test experimental class 65.06 and the average value of the post-testnya 81.50. Results of experimental class test better than the control class. Accepted hypothesis is a working hypothesis which states that learning by using your reading skills effectively to read Arabic class XI IPS MAN Demak.


##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Buku
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, Listiyanto. 2010. Spead Reading, Teknik dan Metode Membaca Cepat. Yogyakarta: A+ Plus Book.
Ainin, Moh. 2013. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejahtera.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Echols, M John dan Hasan Shadily. 1992. Kamus Inggris-Indonesia (An English-Indonesion Dictionary). Jakarta: Gramedia.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Kinara Jombang.
Haryadi. 2006. Retorika Membaca:Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Hermawan, Acep. 2010. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Iskandarwassid, dan Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujib, dan Rahmawati. 2012. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab 2. Yogyakarta: Diva Press.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Ridwan. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rahim, Haryadi. 2008. Retorika Membaca: Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Siregar, Sofyan. 2010. Statistika Deskripif untuk Penelitian. Jakarta : Rajawali Press.
SM, Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan). Semarang: Rasail Media Group.
Sudijono, A. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuanttatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuanttatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuanttatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: CAPS.
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Zaini, Hisyam, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.

Skripsi
Lindawati. 2013. “Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Spontaneous Group Discussio (SGD) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTsN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Madasari, Kurnia Asti. 2011. “Penggunaan Media Reading box dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI MAN 2 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Semarang: UNNES.
Munir, Muhammad Misbahul. 2011. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik dengan Penggunaan Metode Reading Guide dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pokok Bahasan Berkompetisi dalam Kebaikan Kelas XI IPS 1 di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus 2010/2011”. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
Muzakki, Ahmad. 2010. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bacaan Berbahasa Arab Dengan Menggunakan Media Puzzle Pada Siswa Kelas IV SD Islam Tunas Harapan Semarang Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi. Semarang: UNNES.
Nurlaili, Khoiriyya. 2011. “Efektivitas Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Inklusi Bagi Siswa Tunanetra Kelas X di MAN Maguwoharjo Depok Sleman”. Skripsi. Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga.
Rohmah, Alfi. 2011. “Penerapan Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Pokok Bahasan Kisah Sahabat Nabi Kelas V SDN 2 Banyuringin Singorojo Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
Soleh, S. 2012. “Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar dengan Penggunaan Metode Reading Guide dalam Pembelajaran Fiqh Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
Zulaikhoh, Siti. 2010. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Reading Guide pada Pembelajaran PAI Materi Pokok Perilaku Terpuji Kelas IV Semester Genap di SDN 02 Wonosari Kendal”. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.