CERPEN LE PAPA DE SIMON DAN MADAME BAPTISTE KARYA GUY DE MAUPASSANT: KAJIAN KONFLIK SOSIAL PRUITT DAN RUBIN

Main Article Content

Yossy Hidayati Ningsih

Abstract

Cerpen Le Papa de Simon dan Madame Baptiste karya Guy de Maupassant menggambarkan konflik yang terjadi antara tokoh utama dengan lingkungan sosialnya. Konflik itu menyebabkan tekanan psikologis yang dialami oleh tokoh utama dan perubahan psikologis pada lingkungan sosialnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara tokoh utama dengan lingkungan sosialnya, faktor yang menyebabkan eskalasi (peningkatan intensitas) konflik, dan strategi yang digunakan tokoh utama dalam menghadapi konfliknya dengan lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan konflik sosial dari Dean G. Pruitt dan Jeffrey Z. Rubin. Korpus data penelitian ini adalah cerpen Le Papa de Simon dan Madame Baptiste. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka yaitu serangkaian kegiatan berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mecatat serta mengolah bahan penelitian.Simpulan akhir penelitian ini adalah ditemukannya kesamaan faktor penyebab konflik, kesamaan faktor penyebab eskalasi, dan kesamaan strategi yang digunakan untuk menghadapi konflik di dalam kedua cerpen tersebut. Faktor penyebab konflik yang ditemukan adalah aspek-aspek sosial, yaitu 1) pelanggaran terhadap aturan dan norma, dan 2) perbandingan dengan orang lain. Faktor penyebab eskalasi yang ditemukan adalah aspek perubahan psikologis, yaitu 1) keinginan untuk menghukum pihak lain, 2) sikap dan persepsi negatif, dan 3) deindividualisasi. Adapun strategi yang digunakan tokoh utama dalam menghadapi konfliknya adalah 1) contending (bertanding), 2) problem solving (pemecahan masalah), dan 3) withdrawing (menarik diri). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek psikis seseorang tidak terlepas dari aspek sosialnya.

Article Details

How to Cite
Ningsih, Y. (2016). CERPEN LE PAPA DE SIMON DAN MADAME BAPTISTE KARYA GUY DE MAUPASSANT: KAJIAN KONFLIK SOSIAL PRUITT DAN RUBIN. Lingua Litteria Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/ll.v1i2.10061
Section
Article

References

Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Berry, David. 2003. Pokok-pokok Pikiran dalam Sosiologi (terjemahan). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Boeree, George. 2010. Psikologi Sosial (terjemahan). Yogyakarta: Prismasophie.
Echols, John M & Shadily, Hassan. 2003. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra Epistimologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

-----------------------------. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra Teori, Langkah, dan Penerapannya. Yogyakarta: Media Pressindo.

Faturochman. 2009. Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Pinus.
Husen, Ida Sundari. 2001. Mengenal Pengarang-pengarang Prancis dari Abad ke Abad. Jakarta: Gramedia.

Jatman, Darmanto. 1985. Sastra, Psikologi dan Masyarakat. Bandung: Alumni.
Kartono, Kartini. 2009. Patologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Marliany, Rosleny. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Maupassant, Guy de. 2004. Mademoiselle Fifi Kumpulan Cerita Pendek Guy de Maupassant (terjemahan). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurjanah, Nunung. 2006. Analisis Aspek Psikologis Tokoh Utama Berdasarkan Teori Psikoanalisis Sigmund Freud dan Penokohan dalam Cerpen La Parure,Une Vendetta, Le Papa de Simon, dan Le Lit 29 Karya Guy de Maupassant: Kajian Psikologi Sastra. Semarang: Unnes.

Pruitt, Dean G & Rubin, Jeffrey Z. 2004. Teori Konflik Sosial (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.
Soekanto, Soejono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Soetomo. 2008. Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.