Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah 103 IKM  rokok kretek di Kabupaten Jepara. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 51 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode literatur, wawancara  dan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis yang terdiri dari Uji F (uji simultan) dan uji t (uji parsial) dengan program SPSS for windows versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk secara simultan terhadap kinerja pemasaran pada IKM rokok kretek di Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada IKM rokok kretek di Kabupaten Jepara. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk maka kinerja pemasaran pada IKM rokok kretek di Kabupaten Jepara akan semakin meningkat

 

Abstract

___________________________________________________________________

The main purpose of this research is to describe the influence of customer orientation, competitor orientation, and product innovation toward marketing performance in simultaneous or partial. The population in this study are IKM 103 cigarettes in Jepara district. The sample in this study using 51 respondents. Data population methods use are literature methods, interviews, and questionnaires. The data were analiyzed using descriptive of percentage and multiple linear regression analysis and hypothesis test of F test (simultaneous test) and t test (partial test) SPSS for windows version 16. The result of the research state that there are simultaneous influence betwen customer orientation, competitor orientation dan product innovation towards marketing performance on  IKM cigarerres Jepara district. Based on partial test result showed that customer orientation, com[etitor orientation and product innovation have positive and significant influence toward marketing performance on IKM cigarettes in Jepara district. The conclusion of this research is higher customer orientation, competitor orientation  and product innovation so to improve the marketing performance on IKM cigarettes in Jepara district.