Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan, citra merek dan inovasi layanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik insidental sampling, jumlah responden sebanyak 120 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS, dimana variabel yang digunakan meliputi kualitas layanan, citra merek, inovasi layanan dan kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial kualitas layanan, citra merek dan inovasi layanan pada kepuasan konsumen. Berdasarkan uji t kualitas layanan 0.000 < 0.05 H1 diterima, citra merek 0.000 < 0.05 H2 diterima, inovasi layanan 0.000 < 0.05 H3 diterima. Hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 41.100 dengan taraf signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa kualitas layanan, citra merek dan inovasi layanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen.