Kepuasan Konsumen sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Taksi New Atlas Semarang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan, brand image, dan harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah konsumen jasa transportasi taksi New Atlas di Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik acidental sampling, jumlah responden sebanyak 116 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan Path Analyse dengan program SPSS versi 16, dimana variabel yang digunakan meliputi kualitas pelayanan, brand image, harga, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen dengan total pengaruh sebesar 0,316, brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen dengan total pengaruh sebesar 0,393, dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen dengan total pengaruh sebesar 0.481. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa kepuasan konsumen memiliki peran sebagai variabel intervening antara kualitas pelayanan, brand image, dan harga terhadap loyalitas konsumen. Saran bagi perusahaan adalah perusahaan harus tetap meningkatkan kualitas pelayanan, menjaga brand image taksi New Atlas, dan harga serta menjaga reputasi perusahaan