the experiment KEEFEKTIFAN BUKU "AYO MACA AKSARA JAWA" DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 KEMURANG KULON The Effectiveness of The Book "Ayo Maca Aksara Jawa" in Learning Reading Javanese Script for Grade IV Students SDN 1 Kemurang Kulon Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Ayu Setianingrum

Abstract

ABSTRAK


Setianingrum, Dwi Ayu. 2017. Keefektifan Buku Ayo Maca Aksara Jawa dalam Pembelajaran Membaca Aksara Jawa untuk Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Kemurang Kulon. Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Mujimin, S.Pd., M.Pd; Pembimbing II : Drs. Hardyanto, M.Pd.


Kata kunci : Keefektifan, Buku Ayo Maca Aksara Jawa, Membaca, Aksara Jawa.


            Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari Yuliana (2015) berjudul Pengembangan Buku Gladhen Aksara Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Dari penelitiaan tersebut menghasilkan buku yaitu buku Ayo Maca Aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan buku Ayo Maca Aksara Jawa dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV SDN 1 Kemurang Kulon, dan untuk mengetahui apakah ada perubahan perilaku siswa kelas IV SDN 1 Kemurang Kulon dalam mengikuti pembelajaran membaca aksara Jawa setelah menggunakan buku Ayo Maca Aksara Jawa.


            Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk penelitian noneuivalen control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah buku Ayo Maca Aksara Jawa sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan membaca aksara Jawa sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kemurang Kulon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan menggunakan  buku Ayo Maca Aksara Jawa, sedangkan kelas kontrol tidak. menggunakan buku Ayo Maca Aksara Jawa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi, tes, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan metode tes, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data meliputi deskriptif data, uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis akhir.


            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata data posttest diperoleh nilai thitung = 2,871 ≥ 1,987 jadi Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok Eksperimen dan kelompok Kontrol setelah diberikan pembelajaran yang berbeda pada Siswa Kelas IV. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan  buku Ayo Maca Aksara Jawa memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajaran tanpa menggunakan buku Ayo Maca Aksara Jawa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa. Hasil observasi menunjukkan  bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat, siswa lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, serta siswa merasa senang belajar aksara Jawa menggunakan buku Ayo Maca Aksara Jawa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setianingrum, D. (2016). the experiment KEEFEKTIFAN BUKU "AYO MACA AKSARA JAWA" DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 KEMURANG KULON. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 4(2). https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v4i2.15456