ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS PADHA BISA BASA JAWA KURIKULUM 2013 KELAS VIII SMP/MTs TERBITAN YUDHISTIRA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Claodiana Puspita

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa pada buku teks bahasa Jawa Padha Bisa Basa Jawa Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Yudhistira. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat evaluatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode simak, pilah, dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Padha Bisa Basa Jawa Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Yudhistira dari aspek kelayakan isi memperoleh prosentase 85,4,1%, aspek kelayakan penyajian memperoleh skor 82,8%, dan aspek kelayakn bahasa memperoleh prosentase 75%. Sehingga buku teks Padha Bisa Basa Jawa Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Yudhistira termasuk dalam kategori layak.


 


The purpose of this research was to determine the content feasibility, the presentation feasibility, and the language feasibility on the seventh grade Javanese textbook “Widya Adi Basa Jawi†Tiga Serangkai’s publisher, 2013 Curriculum. The research used qualitative descriptive approach with evaluative type of research. The value of the numbers used in this research was to help describe the quality of research objects. The result of the research revealed that the seventh grade Javanese textbook of “Widya Adi Basa Jawi†from the content feasibility aspect obtained  score of 86,46% with the decent category, from the presentation feasibility aspect obtained  score of 93,4% with a decent category, from the language feasibility aspect obtained score of 70% with less decent category.


Keywords: textbook, content feasibility, presentation feasibility,language feasibility

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Puspita, C. (2017). ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS PADHA BISA BASA JAWA KURIKULUM 2013 KELAS VIII SMP/MTs TERBITAN YUDHISTIRA. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 5(2), 17-25. https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v5i2.19712

References

Basuki, dkk. 2015. “Analisis Isi Buku Teks Wahana Pengetahuan Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 3, hlm 1 – 20. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hendrawanto, Yusuf, dan Mimi Mulyani. 2017. “Kelayakan Kebahasaan dan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 SMA”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. September 2017. Vol. 2 nomor 2, hlm 58-62.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Octavianti, Wulan. 2016. “Analisis Buku Teks Pelejaran Bahasa Jawa dan Kesesuaiannya dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Jawa SMA/SMK kelas X Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Oktober 2016. Vol. 9. Nomor 02. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Raharjo, Muflikh Yusuf. 2014. Kelayakan Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas VII Wahana Pengetahuan. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Siagian, Beslina Afriani. 2016. “Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013”. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. Vol. 3, hlm 77-87.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yatmana, Sudi dan Sutadi. 2016. Padha Bisa Basa Jawa Kelas VIII SMP/MTs. Semarang: Yudhistira.