Analisis Kemampuan Literasi Matematika Model Pembelajaran JUCAMA berpendekatan PMRI dengan Google Form sebagai Self Assessment

Main Article Content

Dwi Astuti
Kartono Kartono
Wardono Wardono

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kualitas pembelajaran JUCAMA berpendekatan PMRI dengan google form sebagai self assesmentserta mendeskripsikan kemampuan literasi matematika kelas XI IPA SMA Negeri 2 Semarang pada pembelajaran JUCAMA berpendekatan PMRI dengan google form sebagai self assessment.Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method model concurent embedded, dengan subjek penelitian adalah kelas XI-MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan Model pembelajaran JUCAMA berpendekatan PMRI dengan google form sebagai self assessment, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran PBL saintific. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket siswa, tes kemampuan literasi  matematika, observasi dan wawancara. Data dari analisa data nilai akhir kemampuan literasi matematika didapatkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal pada nilai rata- rata kemamapuan literasi matematika pada kelas eksperimen tercapai, kemampuan literasi matematika pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sebagian besar siswa memberikan respon yng tinggi terhadap penggunaan model pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan pembelajaran yag terjadi brekualitas baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Jadi dari hasil yang didapatkan, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran JUCAMA berpendekatan PMRI dengan google form sebagai self assessment berhasil meningkatkan literasi matematika peserta didik.

Article Details

How to Cite
Astuti, D., Kartono, K., & Wardono, W. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Model Pembelajaran JUCAMA berpendekatan PMRI dengan Google Form sebagai Self Assessment. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 69-76. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19572
Section
Articles

References

Batubara, H. 2016. Penggunaan Google FormSebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di PRODI PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8(1), 39-50.
Budiono, CS & Wardono. 2014. PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP.Jurnal UEJME 2(3), 210-219.
Kartono. 2011. Efektivitas Penilaian Diri dan Teman Sejawat Untuk Penilaian Formatif dan Sumatif pada Pembelajaran Mata Kuliah Analisis Kompleks. InProsiding. Seminar Nasional Matematika Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta.
Mas, S.R. 2008. Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal INOVASI 5(2), 1-10.
Murtiyasa, Budi. 2015. Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. In Prosiding. ISBN : 978.602. 361.002.00 . Surakarta.
Novianti, D.E & Khoirotunnisa, A. U, 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasisis Pengajuan dan Pemecahan Masalah pada Mata kuliah Program Linear Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5(1), 11-16
OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing
OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. PISA. OECD Publishing
Pratidina, I, Supriyono, & Hendikawati, P. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan PMRI terhadap Hasil Belajar.UJME 1(1), 38-45
Rohmatin, D.N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis siswa. Gamatika 5(1), 1-7
Saharah, Murdiana, N.I & Paloloang, B. 2014. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sd Integral Rahmatullah Tolitoli Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal Kreatif Tadulako 4(3), 178 – 192.
Sembiring, R.K. 2010. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Perkembangan dan Tantangannya. Jurnal Indo MS.JME 1(1), 11-16.
Siswono, T. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: UNESA
Suwandi, S. 2010. Model Assesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Wardhani, S. & Rumiyati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: P4TK.
Wardono. 2014. The Realistic Model with Character Education And Pisa Assessment to Improve Mathematics Literacy. IJERN 2(7), 361 - 372
Wardono, Waluyo, S.B, M. Scolastika & Candra . 2016. Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series 693(1), 1-10.